Pengurusan Dianggap Ribet, 1 Unit Ambulance Dinkes Mati Plat

Ambulance Dinkes
Mobil Ambulance Dinkes

Dianggap terlalu ribet pengurusannya, 1 unit mobil Ambulance Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Polewali Mandar mati plat.

Hal tersebut terlihat terparkir di halaman belakang Kantor Dinas Kesehatan Polman 1 unit mobil Ambulance dengan Nomor Polisi B 1580 SHX mati plat sejak tahun 2017.

Pengurus Barang Dinkes Polman Surya Ningsih, menerangkan, proses pengurusan ganti plat dan STNK mobil Ambulance kode plat B harus ke pusat bukan daerah. Sehingga hal itu dianggap sangat panjang dan ribet.

“Kalau platnya bukan DC yang dari daerah langsung itu panjang proses pengurusannya. STNK nya harus dikirim ke pusat dulu jadi ribet pengurusannya. Makanya tidak perbaikan,” terang Surya Ningsih saat di temui di Kantor Dinkes Polman, Jumat (19/8/2022).

Meski tak terurus, Dinas Kesehatan tetap mengalokasikan anggaran untuk pembayaran pajak kendaraan seperti Mobil Ambulance yang sedang mati Plat.

Terpisah, Kepala UPTB Samsat Polman Andika Saputra, mengatakan, pihaknya tidak berwenang dalam pergantian plat B milik Dinkes Polman. Sebab hal itu kewenangan pusat.

Menurutnya, pengurusan STNK Plat B itu memang agak ribet karena berkasnya harus dikirim ke Pusat. Jika berkas di kirim maka harus di kawal karena resikonya itu di khawatirkan berkas akan tercecer.

“Kalau untuk pengurusan di sini itu tidak bisa. Tapi untuk difasilitasi kirim ke sana (pusat) bisa. Tapi resikonya besar karena jangan sampai di kirim tapi tidak ada yang terima di sana. Bisa saja berkasnya tercecer siapa yang akan bertanggung jawab,” Ujar Andika Saputra.

Ia menuturkan sebenarnya untuk pengurusan pembayaran pajak pergantian plat ambulance Dinkes. Bisa terselesaikan jika pihak Dinkes sendiri yang mengurus ke Pusat.[*]