Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs An-Naadir Beluak

PKKM
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs An-Naadir Beluak

PKKM sebagai langkah awal dan modal untuk membangun kinerja Madrasah, ajang refleksi demi pembangunan berkelanjutan dengan memetakan segala potensi yang dimiliki oleh madrasah itu sendiri.
Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) diadakan di MTs An-Naadir Beluak, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar pada Rabu, (18/1/2023). Bertempat di ruang kantor Mts An-Naadir Beluak. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi dan sekaligus pembenahan kinerja kepala madrasah.

Kegiatan PKKM Mts An-Naadir Beluak berlangsung pukul 08.00 WITA-15.00 WITA, dibuka secara resmi oleh Bapak H. Laupa. S. Ag., M. Pd. I selaku Kasi Madrasah Kemenag Kabupaten Polewali Mandar. Dihadiri oleh jajaran pengawas diantaranya Basri. S. Ag., M. M selaku Koordinator Pengawas TK. MTs Kabupaten Polewali Mandar sekaligus Pengurus Yayasan Perguruan Islam An-Naadir Beluak. Serta dua pengawas sekaligus tim penilai PKKM ; H. Jumadiang. S. Pd. I., M. M.Pd dan Nardjus. S. Pd. I., M. Pd. I.

Dalam sambutannya, H.Laupa.S.Ag.,M.Pd.I menyampaikan, “PKKM merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk evaluasi dan pembimbingan, pembinaan, serta pembenahan kinerja Kepala Madrasah. Melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun-tahun lalu, kemudian di lengkapi pada tahun 2023 ini. Setiap kegiatan madrasah penting untuk di arsipkan. Sehingga dokumen-dokumen tersebut menjadi bukti fisik bahwa madrasah betul-betul melaksanakan kegiatan secara profesional. Meski di pahami setiap madrasah memiliki kelebihan dan kekurangan”.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MTs An-Naadir Beluak

H.Laupa.S.Ag.,M.Pd.I pun menyinggung manajemen pengelolaan keuangan harus betul-betul sesuai dengan juknis sekaitan dengan penyampaian dari Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Barat. Lanjut Kasi Madrasah Kemenag Polman ini dengan penuh energik menambahkan “Pentingnya menumbuh-kembangkan skill peserta didik. Sehingga mampu berkompetisi di ajang antar madrasah dan event-event lainnya. Sehingga madrasah tidak hanya terlihat dari kemegahan bangunan, namun ada prestasi yang luar biasa yang di miliki oleh peserta didik kita,”.

Basri. S. Ag., M. M selaku Koordinator Pengawas TK. MTs Kabupaten Polewali Mandar sekaligus Pengurus Yayasan Perguruan Islam An-Naadir Beluak dalam sambutannya pun mengatakan “Perjalanan MTs An-Naadir Beluak tidak terlepas dari perjuangan panjang Yayasan Perguruan Islam An-Naadir Beluak sampai saat ini kita mampu melihat MTs An-Naadir terus hadir berbenah, semoga kedepannya madrasah kita ini semakin melahirkan inovasi sehingga mampu berprestasi lebih baik lagi”.

PKKM merupakan kegiatan kontinyu apabila masih di temukan kekurangan bukan berarti Kepala Madrasah tidak mampu menjalankan kinerjanya dengan baik, tetapi ini merupakan kerja kolektif antara guru dan tenaga kependidikan. PKKM intinya adalah evaluasi dan pembenahan kinerja kepala madrasah selama menjalankan tugas.

Adapun beberapa poin yang di sorot dalam PKKM di antaranya delapan standar, yakni standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian.

Delapan standar tersebut tentu di harapkan bekerja saling koordinasi dan komunikasi antara masing-masing koordinator dengan Kepala Madrasah. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang akan berdampak pada peningkatan kinerja madrasah.

Kedatangan Tim Penilai PKKM di sambut baik oleh Nadira,S.Ag selaku Kepala MTs An-Naadir Beluak dan seluruh jajaran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Setelah berjam-jam akhirnya hasilnya memuaskan di mana beberapa dokumen yang di minta hampir semua mampu di buktikan secara nyata di depan Tim Penilai.

Menurut H. Jumadiang. S. Pd. I., M. M.Pd mewakili Tim Penilai PKKM “Hasil Penilaian PKKM Mts An-Naadir Beluak mencapai nilai yang baik. Dengan melihat bukti dokumen yang di sajikan memberikan kepuasan meski masih ada sedikit dokumen butuh untuk dilengkapi,”.

Nardjus. S. Pd. I., M. Pd. I. pun menambahkan “Beberapa catatan yang masih perlu di lengkapi agar nantinya pengembangan madrasah lebih produktif lagi. Bidang kewirausahaan madrasah banyak yang bisa lebih di tingkatkan dengan melihat segala potensi MTs An-Naadir Beluak”.

Alhamdulillah kegiatan PKKM ini berjalan dengan lancar dan secara garis besar hasil PKKM baik, walaupun ada sedikit yang perlu di lengkapi lagi. Semoga penilaian ini akan menjadi cambuk bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja madrasah,” tutup Nadira,S.Ag selaku Kepala MTs An-Naadir Beluak.[*]