Penyalahgunaan Obat di Kalangan Pelajar Tinggi, Ikatan Apoteker Goes to School

Goes to School Ikatan Apoteker Indonesia dalam Aksi Merdeka
Goes to School Ikatan Apoteker Indonesia dalam Aksi Merdeka

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Polewali Mandar (Polman) Goes to School, memberi edukasi dan sosialisasi terkait bahaya penyalahgunaan obat di kalangan pelajar. Senin (15/8/2022).

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia PC Polewali Mandar Zul Rahmat Muis, mengatakan, angka penyalahgunaan obat di kalangan pelajar mulai dari tingkat menengah pertama (SMP-Sederajat) hingga menengah atas (SMA) terus alami peningkatan.

Salah satu Apoteker Agent of Change Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat itu juga menyampaikan. Bila hal itu terus terjadi, kata Zul, akan berdampak pada rusaknya organ penting dalam tubuh mereka. Seperti, hati, jantung, paru-paru, otak, resiko koma hingga kematian dari penyalahgunaan obat.

“Mereka diingatkan agar waspada dari segala godaan yang hanya memberikan kesenangan palsu dan sesaat. Namun bisa merusak masa depan mereka selamanya” katanya. Senin (15/8).

Lanjutnya mengatakan, untuk itu, Ikatan Apoteker Indonesia-Polman, menjadikan kalangan pelajar sebagai sasaran dalam kegiatan edukasi penyalahgunaan obat kali ini.

“Mereka diberikan edukasi. Khususnya terkait dampak negatif dari sisi kesehatan yang menjadi resiko dari penyalahgunaan obat,” ungkapnya.

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Polman
Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Polman Goes to School

Goes to School terlaksana di 4 lokus Kecamatan secara serentak, yakni Kecamatan Polewali di SMPN 1 Polewali, SMPN 2 Polewali, SMAN 2 Polewali. Kecamatan Wonomulyo di SMPN 1 dan SMAN 1 Wonomulyo. Kecamatan Campalagian di SMPN 1 Campalagian. Kemudian Kecamatan Tinambung di SMPN 1 dan SMAN 1.

Tim dari Ikatan Apoteker Indonesia ini, menyasar sejumlah sekolah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelajar. Selain itu mereka juga berdiskusi dengan kepala sekolah dan guru, guna menggali informasi penyalahgunaan obat di lingkungan sekolah.

“Sebagai penutup dilakukan penyerahan banner informasi kepada pihak sekolah yang menjadi sasaran edukasi,” tambahnya

Hasil dari diskusi bersama pihak Kepala Sekolah dan Guru akan mereka rangkum. Untuk, menjadi pokok bahasan pada forum Focus Grup Discussion Ikatan Apoteker Polman, bersama lintas sektor lainnya pada Aksi Merdeka nantinya.[*]