Penyidik KPK ke Kantor Bupati Polman, Wabub: Tak Ada Penggeledahan

Penyidik KPK di sambut Wakil Bupati M Natsir Rahmat
Penyidik KPK di sambut Wakil Bupati M Natsir Rahmat, Kamis (19/11).

Penyidik KPK datangi kantor Pemerintah Daerah Polewali Mandar usai meninggalkan Aula Rupattama Mapolres Polman yang menjadi lokasi pemeriksaan beberapa Anggota DPRD Polman periode 2014-2019.   

Saat tiba di Kantor Bupati Polman para penyedik KPK meminta beberapa dokumen beberapa mantan pegawai Pemda Polman untuk menelusuri lebih lanjut terkait penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Polman Tahun 2016-2017.  

Disambut langsung Wakil Bupati Polewali Mandar Muhammad Natsir Rahmat, saat para penyidik KPK menyambagi kantor Pemda Polman pada, Kamis (19/11/2020) pukul 14.00 Wita.  

Setiba di Kantor Bupati Polewali Mandar, penyidik KPK pun memasuki ruangan Asisten Administrasi Umum didampingi Wabub Polewali Mandar.

Wakil Bupati Polewali Mandar Muhammad Natsir Rahmat saat ditemui pihak media mengatakan, kedatangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang terkait pembahasan APBD 2016-2017.

“Makanya yang dipanggil ini mantan-mantan semua yang sudah pensiun. Mantan Bapeda, mantan PU, bahkan Mantan Sekda sudah meninggal,” ucapnya.

Beberapa mantan pegawai Bapeda, PU, Sekda, dan akan diundang pihak KPK untuk mengikuti pemeriksaan lebih lanjut. Termasuk Kepala Badan Keuangan Daerah Mukim Tahir yang masih menjabat hingga sekarang.   

“Jadi besok (Jumat/20/11) pihaknya akan mengundang yang bersangkutan untuk diperiksa lebih lanjut memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” tutur Natsir, Wabub Polman, Kamis (19/11)..

“Tidak ada penggeledahan atau pemeriksaan hari ini oleh pihak KPK. Mereka cuman minta dokumen terhadap pihak yang bersangkutan,” lanjutnya

Rombongan KPK juga sempat menanyakan terkait ketidak hadiran pihak Pemda Polman pada proses pemeriksaan yang dilakukan di Aula Rupattama Mapolres Polman. Natsir menjelaskan, tidak tahu menahu soal kegiatan tersebut.

“Penjelasannya, kami tidak tau. (dan juga) tidak ada undangannya,” Jelasnya.

Tidak hanya itu, penyidik KPK juga menanyakan keberadaan Bupati Polman saat ini. Wabub menjawab,  Bupati saat ini sedang dalam perjalanan pulang dari Bali bersama para pegawai PDAM Polman.