Peringatan Hari Ibu, PPKn Unasman Bicara Keperempuanan Era 4.0

Foto bersama di kegiatan seminar keperempuanan HMJ PPKn Unasman Polewali Mandar
Foto bersama di kegiatan seminar keperempuanan HMJ PPKn Unasman Polewali Mandar

Hari Ibu | ”Menjadi perempuan yang cerdas, perempuan berdaya, perempuan bahagia di era 4.0”. Merupakan tema yang diangkat dalam rangka mensinergikan peringatan hari ibu era 4.0.

Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember , Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Al-Asyaria Mandar selenggarakan Seminar Keperempuanan di Auditorium KH. Sahabuddin. Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu  (22/12/2019).

Peringatan hari momentum itu, menjadi kesempatan bagi mahasiswa HMJ PPKn Universitas Al-Asyariah Mandar untuk memperingati Hari Ibu dengan menyelenggarakan kegiatan yang berkenaan dengan peringatan hari penting tersebut.

Ketua panitia, Yuli Astuti mengungkap “kegiatan seminar keperempuanan ini merupakan kegiatan salah satu devisi yang ada di HMJ PPKN yaitu Devisi pemberdayaan perempuan, jadi sekalian dirangkaikan dengan peringatan hari ibu” Ungkapnya.

Selain itu ia juga menjelaskan, kegiatan yang mereka selenggarakan dengan peringatan hari ibu dapat memberikan kesadaran bagi perempuan di Indonesia khususnya kaum wanita yang ada di Polewali Mandar agar mampu menentukan posisinya di era revolusi industri 4.0 ini.

“Jadi target kami dalam kegiatan ini yaitu mampu menyadarkan perempuan bagaimana menempatkan dirinya terkhusus di era 4.0 ini” Jelas Yuli Astuti.

Pada  kegiatan seminar keperempuanan tersebut, mereka berhasil menghadirkan pemateri yang dikenal sebagai salah satu perempuan inspiratif di Polewali Mandar yakni Karmila Bakri (ketua yayasan anak lontara nusantara), Mutmainna vallejo (aktivis perempuan Polewali Mandar) dan Ibu Mardjani Alyah selaku dosen Unasman.

Dalam kesempatannya, Karmila menjelaskan, “Tumbuh kembang anak di ruang lingkup keluarga sedianya peran orang tua, baik itu ayah dan ibu bisa menjadi partner, team work. sebab urusan anak adalah tanggung jawab bersama, tidak hanya dititik beratkan pada ibu” Jelasnya.

“Sebab membangun peradaban bangsa itu dimulai dari ruang lingkup keluarga”  Tutup Karmila.

Di akhir kesempatan, Nur Eka Dwi Auliyah yang diketahui menjabat sebagai ketua HMJ PPKn Unasman mengungkap rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut andil dalam kegiatan Seminar Keperempuanan tersebut.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menginspirasi bagi para Perempuan di momentum hari ibu, mereka harus bisa memberdayakan diri mereka dalam segala bidang. Dan tentunya tidak di bungkam dengan Rasa takut.

”Saya selaku ketua HMJ PPKn UNASMAN sangat-sangat berterimakasih kepada semua pihak-pihak yang telah ikut andil dalam kegiatan ini” Ungkap Nur Eka Dwi Auliyah saat dihubungi Via Telpon.

“Semoga kegiatan ini membangun inspirasi bagi kita sebagai perempuan untuk maju dan berdaya dan tidak terjebak dengan kebungkaman rasa takut”  Tambahnya.

Ketua HMJ PPKn itu menutup pembicaraannya dengan ungkapan rasa bahagia dalam momentum peringatan hari ibu saat ini. “Saya mewakili para pengurus HMJ PPKn Unasman  Mengucapkan selamat hari ibu untuk para ibu-ibu hebat di Negeri ini” Tutupnya. [pattae.com]

Penulis: Nurwasilah Hasan*

Warga Bulo Menyambut Dispop Polman dan Delegasi Peserta PIFAF tiga Negara
DISPOP Polman Hibur Warga Bulo Dengan Menghadirkan Tamu Asing