Peringati Hari Aksara Sedunia, Para Pegiat Literasi Berbagi Buku

Pengiat Literasi memperingati Hari Aksara Sedunia dengan berbagi Buku
Pengiat Literasi memperingati Hari Aksara Sedunia dengan berbagi Buku

Dalam Rangka Memperingati hari aksara sedunia. Kelompok pegiat literasi mengadakan kegiatan ajar mengajar, sekaligus membagikan buku dan Poster abjad Di dusun Bombang Desa Patambanua, Polewali Mandar.

Kelompok pegiat Literasi yang terlibat, diantaranya Anak Lontara nusantara (Altar), kompasna, Lattang literasi. Selain itu, terlibat juga sanggar seni Balatau Art dan dan HMJ Himagrotek dari Unasman, ikut berpartisifasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan tersebut masih termasuk kelanjutan dari kegiatan Literacy Camp jilid II yang mereka laksanakan bulan (08/2019) lalu. Namun, pada kegiatan kali ini bertepatan pada peringatan hari aksara sedunia yang jatuh pada 08 September 2019.

Masyarakat setempat sejak hari pertama menyambut baik kedatangan para pegiat Literasi yang hadir membagikan buku dan Poster abjad. Anak-anak, didaerah tersebut juga merasa atas kehadiran mereka.

Momentum hari aksara sedunia mewarnai langit Bombang, daerah yang dapat dikategorikan sebagai salah satu pelosok negeri.

“Momentum ini bertujuan mempromosikan keaksaraan guna memantik individu, komunitas dan masyarakat agar mampu berdaya secara nalar, mental dan laku gerakan”. Ujar Karmila Bakri, sebagai salah satu pegiat literasi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Kehadiran mereka sebagai pegiat literasi pun membawa angin segar dikarenakan mampu memantik motivasi belajar anak-anak dan ingin segera kembali bersekolah.

Reski dan Tika contohnya, mereka tanpa berbasa-basi langsung bergegas menghadap orangtua agar bisa melanjutkan sekolah di jenjang sekolah menengah atas.

“Saya ingin bersekolah karena agar cerdas, membahagiakan orangtua, dan kembali ke kampung untuk mengembangkan kampung” Ujar Reski, salah satu pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan di tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA).[pattae.com]

Penulis: Arham*

Komik Pattae “BateKreasi” Terbit Setiap Minggu