Peringati Hari Donor Darah Sedunia, UDD PMI Polman Gelar Aksi Donor Darah

Aksi Donor Darah
Aksi Donor Darah

Dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia (World Blood Donor Day) yang jatuh pada Minggu 14 Juni 2020, Unit Donor Darah PMI Polman gelar aksi Donor Darah.

kegiatan Donor Darah Sukarela dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, berlangsung di Lapangan Sepakbola Batetangnga, Senin (19/6/2023).

Warga pun antusias mengikuti aksi donor darah dengan mengantri mulai pukul 09.00 Wita hingga berakhir pukul 12.00 Wita, ini diramaikan puluhan pendonor.

Dari kegiatan donor darah itu berhasil mengumpulkan 50 kantong darah. Yang nantinya digunakan pasien yang membutuhkan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Polman dr Andi Agusnawati, mengatakan, dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia UDD PMI Polman melaksanakan beberapa kegiatan termasuk donor darah, kampanye donor darah dengan membagikan brosur disepanjang jalan ke masyarakat yang melintas.

“Dalam hal ini kita mengajak masyarakat, memberikan pengetahuan bagaimana pentingnya, dan manfaatnya donor darah,” ungkap dr. Andi Agusnawati

Alasan memilih Desa Batetangnga sebagai lokasi peringatan Hari Donor Darah Sedunia karena peminat yang paling aktif dan sadar akan pentingnya donor darah datangnya dari warga sini.

“Desa Batetangnga ini merupakan salah satu desa yang paling banyak pendonor sukarelanya yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Masyarakat disini juga, sudah sadar akan manfaat donor darah. Bukan hanya bermanfaat bagi pendonor tapi juga sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan darah tersebut,” terangnya.

Ketua Panitia pelaksana Hari Donor Darah Sedunia Almubarak menyampaikan sejatinya kegiatan ini dilakukan setiap 14 Juni. Namun, baru terlaksana hari ini (19/6) lantaran sebelumnya (14/6) bertepatan dengan beberapa kegiatan yang tak kalah pentingnya.

Tema kegiatan hari donor darah sedunia dengan “Berikan Darahmu, Berikan Plasmamu, Bantu Kehidupan, Bantu Sesama”.

Kegiatan peringatan Hari Donor Darah Sedunia dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi pendonor darah pada para pendonor darah dari 10 kali.

Kemudian, Terselenggaranya kegiatan tersebut atas support Pemda Kab Polman, Dinas Kesehatan Polman, PMI Kab Polman. BNNP, Pondok Pesantren Al Ikhsan Kanang, Pemerintah Desa Batetangnga.

Melibatkan komunitas pahlawan darah dan organisasi profesi yang ada di Polman seperti IDI Polman, IBI Polman, dan Patelki Polman.[*]