Peringati Hari Sumpah Pemuda, Yayasan Badara & Pemuda Polman Gelar Aksi Kemanusiaan

Peringati Hari Sumpah Pemuda
Sunatan Massal

Memperingati hari sumpah pemuda Yayasan Badara dan pemuda Polewali Mandar menggelar aksi kemanusiaan dengan  melaksanakan sunatan massal dan medical check-up, Sabtu 30/10/2021.

Kegiatan tersebut yang di selenggarakan di Deeja coffee & Dessert Jl. Mr Muh Yamin, Pekkabata, Polewali Mandar. Terselenggara atas kerjasama Yayasan Badara bersama Dinas Kesehatan Polman , PDUI kabupaten Polewali Mandar, PPNI Kabupaten Polewali Mandar.  Apotik Kimia Farma Polman, Nutrimax, Antifect Alcohol & betadine, Deeja Grosir dan Ecer, Deeja Coffee & Dessert  dan Dapoer Pa’dawa-dawa.

M. Aslam Djamaluddin selaku ketua yayasan badara mengatakan bahwa yayasan selalu mendukung kegiatan yang bersifat kemadusiaan terlebih lagi pelakunya adalah pemuda yang memiliki ide, gagasan dan pergerakan pemuda berperan penting dalam aksi kemanusiaan.

“Kami dari yayasan slalu mendukung kegiatan tentang kemanusiaan apalagi pelakunya para pemuda pemudi, krna ide ,gagasan ,dan pegerakan pemuda pemudi memegang peran penting dlam hal kemanusian,kita pemuda harus bisa terbuka menerima pemikiran dan pengalaman baru” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut terdapat 27 anak yang mengikuti sunnat massal secara gratis yang terdiri dari beberapa kecamatan yang terdapat di polewali mandar.

Dokter Ade irma menjelaskan pentingnya seorang anak melakukan sunat selain dari segi agama yang menganjurkan dari segi kesehatan sunat merupakan pengambilan kulit penis bagian ujung agar kotoran tidak singgah di batang penis dalam menghindari penyakit infeksi dan penyakit ganas seperti kangker.

“Pertam dari agama mengharuskan untuk sunat dan dari sengi kesehatan sunat merupakan pengambilan kulit penis bagian ujung bertujuan supaya kotoran tindak tinggal di batang penis dan mengurangi angka kejadian penyakit baik itu infeksi dan penyakit ganas seperti kangker” jelas dokter irma.

Foto: Penyelenggara Aksi Sunatan Massal memperingati Sumpah Pemuda

Selain sunatan massal secara gratis kegiatan tersebut juga melakukan medical chek – up kesehatan secara gratis yang di lakukan oleh Apotik Kimia Farma Polman.

Mohammad reza junes perwakilan dari kimia farma polman menjelaskan medical chek – up yang di lakukan menggunakan metode elektro magnetik yang dapat memeriksa dari ujung kaki sampai rambut tetapi pemeriksaan tersebut tidak bisa di jadikan sebagai diagnosa.

“Medikal chek-up yang di lakukan berupa kuantum alat yang dipakai dengan metode elektro magnetik yang memeriksa dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa terdeteksi semua tapi tidak bisa di jadikan sebagai diagnosa” jelas Muhammad reza.

Jamaluddin ketua dpd PPNI Polewali mandar berharap agar kegiatan kemanusiaan semakin di tingkatkan dan para pemuda dapat menyisir sasaran yang tepat karena hal tersebut merupakan bentuk pembaktian dari perawat untuk masyarakat.

“Saya berharap kegiatan seperti ini makin di tingkatkan dan di sasar memang orang yang benar membutuhkan dengan organisasi kepemudaan seperti ini benar benar menyisir sasaran sasaran yang tepat karna dengan kegiatan seperti ini kami perawat bisa membaktikan diri kami ke masyarakat” ujarnya.[*]