Peringati HUT RI ke-75, Komunitas Littoral Kibarkan Bendera di Arae Laut

pengibaran bendera
Lokasi kegiatan pengibaran bendera pada momentum 17 Agustus di Polewali Mandar

Bertepatan hari kemerdekaan RI ke-75. Komunitas Littoral Lantora bersama warga setempat Kampung Lantora melaksanakan pengibaran bendera merah putih di area laut. Tepatnya di pantai Kampung Lantora Baru Polewali Mandar, Senin (17/8/2020).

Merah putih yang dikibarkan diketahui merupakan bendera yang pernah dikibarkan dua kali di Eropa antaranya Swiss dan Jerman serta Brunei Darussalam saat mengikuti turnamen antar Negara dalam cabang olahraga karate.

Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan karnaval perahu nelayan mengelilingi rute yang telah ditentukan panitia pelaksana mulai pantai Lantora sampai ke taman Polewali (pantai bahari).

Sedikitnya terdapat 35 perahu milik masyarakat nelayan dan petani rumput laut ikut berpartisipasi memperingati hari kemerdekaan (Independence day) RIke-75 tahun.

Armansyah P Kuma selaku pembina komunitas Littoral sekaligus pembina karate mengatakan. Pada moomentuk kemerekaan, bukan hanya komunitas Littoral yang merayakan namun masyarakat pesisir pun ikut serta memeriahkan.

“Dengan merayakan hari kemerdekaan begini, masyarakat pesisir juga ikut memberikan sumbangsi di hari kemerdekaan,” ucapnya

Selain itu, Ketua asosiasi Pariwisata Polman Yusri Mampie (Sahabat penyu). Yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pengibaran bendera dan karnaval perahu menjadi agenda tahunan. Khususnya pada 17 Agustus.

Pengibaran Bendera
Perahu Karnaval saat perayaan HUT RI ke-75 di Polewali Mandar

Salah satu anggota Komunitas Littoral juga mengungkapkan dengan seringnya mengadakan pengibaran bendera di area laut. Dengan sendirinya akan membangun kesadaran warga untuk ikut berpartisipasi memeriahkan kemerdekaan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan mengapresiasi kegiatan pengibaran bendera merah putih dan karnaval perahu nelayan yang dilaksanakan komunitas Littoran dan warga setempat. Ungkapnya kegiatan seperti ini harus setiap tahunnya dilaksanakan.

“Kita bangga, kita salut, dan kita angkat jempol. Semoga tahun-tahun kedepannya bisa lebih meriah dan lebih semarak dan lebih mensukseskan kegiatan-kegiatan bernuansa kelautan dan perikanan,”tuturnya.

Bukan hanya itu, ia juga bersyukur dengan adanya komunitas dan warga kampung baru yang menginisiasi perayaan HUT Rebuplik Indonesia yang ke-75 di araea laut.[*]