Permapem Universitas Al-Asyariah Mandar Baksos di Desa Kaleok

Permapem Universitas Al-Asyariah Mandar bakti sosial didesa kaloek
Permapem Universitas Al-Asyariah Mandar bakti sosial didesa kaloek

Pergerakan Mahasiswa Ilmu pemeritahan (Permapem) Unasman melakukan Bakti Sosial (Baksos) dengan melakukan bersih-bersih lingkungan di beberapa titik di Desa Kaleok, Kabupaten Binuang, Jumat 08/11/2019.

Sebanyak 20 mahasiswa Permapem Unasman, ikut dalam kegiata Baksos di Kaleok. Kegiatan tersebut merupakan agenda program kerja dari pengurus masa bakti sekarang.

Baksos tersebut mereka fokuskan di  tiga titik yaitu Sekolah Dasar 014 Padangkula , Masjid, serta 2 rumah ibadah yag ada di Dusun Padangkula Desa Kaleok.

Tak hanya membersihkan, mahasiswa Permapem Unasman juga mengagendakan beberapa bentuk kegiatan yaitu kegiatan senam pagi dan memberikan sedikit pegetahuan tentang pemerintahan kepada siswa sekolah dasar (SD 014 Padangkula).

Selain itu, mereka memberikan donasi Al-Qur’an sebanyak 20 dan 10 Iqra untuk dibagikan kepada Masjid yang ada di Desa Kaleok.

Kegiatan baksos ini mendapatkan respon baik dari guru sekolah dasar. Ratia Guru SD 014 Padangkula mengatakan, mahasiswa yang melaksanakan Baksos, selain membersihkan, mereka juga membimbing anak didik dari segi karakter dan mental berbicara di publik.

“Anak-Anak lebih suka yang seperti ini, karena selain membersihkan, anak-anak juga bias diarahkan banyak bermain sambil belajar.” ungkapnya

Dilain itu, Desi Rahman, selaku ketua Permapem Unasman mengatakan, anak-anak di Desa kaleok menjadi contoh betapa pentingnya mengeyam pendidikan meski jarak rumah dan sekolah sangat jauh

“Kami memilih desa kaleok karna desa kaleok merupakan tempat yang layak untuk dijadikan baksosungkapnya.

“Selain itu, kami juga jadikan contoh bahwa pendidikan itu sangat penting apapun itu resikonya walaupun jarak sekolah dan rumahnya dari sekolah mereka harus semangat belajar.” tambahnya

Dia juga berharap, dengan kegiatan yang mereka lakukan, baik siswa maupun masyarakat bisa menjaga lingkungan mereka tetap giat belajar dan menjaga lingkungan.

Kegiatan Baksos yang mereka lakukan diketahui berjalan selama 2 hari dan berakhir pada Jumat 08 November 2019. [pattae.com]

Penulis: Muh Amin*