Peserta Snorclean di Pantai Bahari Kumpulkan Satu Ember Sampah Puntung Rokok

Sampah Puntung Rokok
Peserta Snorclean di Pantai Bahari Kumpulkan Sampah Puntung Rokok

PaTTaE.com – POLMAN | Sampah puntung rokok yang berserakan di pantai Bahari berhasil di kumpul anak-anak dalam waktu hanya tiga puluh menit. Hal itu dilakukan saat mengikuti Snorclean yang dilaksanakan Komunitas Laut Biru Bekerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Polman di Bantai Bahari Polewali, Sabtu 03/10/2020.  

Lomba yang melibatkan anak-anak bersihkan pantai dengan fokus untuk memungut sampah dari puntung rokok. Sedikitnya satu ember puntung rokok berhasil mereka kumpulkan dari berbagai merek seperti Clas Mild, Sampoerna,dan Rokok Surya.

“Ini puntung rokok pengunjung ke pantai bahari selama ini mereka tidak sadari karena ukurannya kecil tapi sangat mencemari lingkungan.” tutur Putra Ardiansyah, Ketua Komunitas Laut Biru.

Aktivis Lingkungan tersebut juga menjelaskan, di sepanjang pantai bahari sudah tidak ditemukan kepiting dan tumbuhan lainnya. Hal ini menurutnya merupakan adalah salah satu dampak adanya sampah rokok yang dapat merusak lingkungan.

“Zat yang dihasilkan puntung rokok sangat berdampak pada kelangsungan hidup kepiting pantai dan tumbuhan pantai lainnya. Masih banyak dampak buruk diakibatkan dari sampah puntung rokok tersebut.” Tambahnya

Sekretaris DLHK Kabupaten Polewali Mandar Hikma mengatakan, mensuport yang dilaksana Komunita Laut Biru tersebut. Menurutnya hal itu, kegiatan tersebut dapat melestarikan lingkungan.  

“Kami samgat berterima kasih sama Adik-adik komunitas mau melakukan kegiatan seperti ini yang fokus pada kegiatan kelestarian lingkungan. Kami dari Dinas sangat mendukung kegiatan seperti ini.” ungkapnya

Selain itu, ia juga mengkategorikan, sampah dari puntung rokok tersebut, merupakan jenis sampah yang tidak bisa di daur ulang lagi.

Pada kegiatan Snorclean dengan memungut sampah di dasar laut juga di ikuti oleh sejumlah komunitas penggiat lingkungan yang ada di Polman. Kegiatan ini berlangsung mulai 3 sampai 4 Oktober 2020.[*]