Polda Sulbar Dirikan Posko Pediadaan Mudik Lebaran di Perbatasan Polman-Pinrang

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Waka Polda) Sulawesi Barat Brigjen Pol Umar Faruq, memantau Pos Pengamanan Penyekatan Larangan Mudik di wilayah perbatasan Sulbar-Sulsel.

Umar Faruq ditemani Dir Lantas Polda Sul-Bar Kombes Deden Supriyatna, Dir Intel Polda Sulbar Kombes Iwan Surya Ananta dan di dampingi Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono memantau langsung Pos Larangan Mudik di Dusun Dongi, Desa Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polman, Selasa (27/4/21).

Dilokasi terlihat tim Gabungan Personil Polres Polman dan Polsek Binuang, TNI dan Dishub yang masuk dalam Sprint Tugas sedang melakukan Pengamanan dan pembatasan kendaraan kepada pengendara yang melintas di Wilayah perbatasan Polman Pinrang.

Peniadaan mudik lebaran bagi warga dilaksanakan berdasarkan Addendum Surat Edaran (SE) satuan tugas penanganan Covid-19 Nasional Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Polda Sulbar melakukan pemeriksaan protap kesehatan meliputi penggunaan masker dan jaga jarak dalam berkendar. Selain itu, pemeriksaan identitas diri (KTP), Identitas kendaraan (STNK) dan surat keterangan rapid test atau PCR yang berlaku selama 1×24 jam bagi setiap orang/pemudik.

Terlihat puluhan kendaraan terpaksa putar balik karna tidak bisa menunjukan surat rapid Test atau PCR yang berlaku selama 1×24 jam bagi setiap orang/pemudik yang berasal dari luar Provinsi Sulbar dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 di kabupaten Polman.

Bagi pengendara yang terjaring tidak memenuhi syarat dan diarahkan dengan cara yang humanis untuk memutar balik kendaraan ke daerah asal.