Polisi Bekuk 3 Palaku Pencurian Kabel PLN

Pencurian Kabel PLN
Konferensi Pers Polres Polman terkait penangkapan 3 pelaku pencurian kabel PLN di Polman

Kepolisian Resor (Polres) Polewali Mandar bekuk 3 pelaku spesialis pencurian kabel PLN yang sebabkan beberapa daerah alami pemadaman listrik.

Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono menegaskan, ketiga pelaku memiliki peran masing-masing dalam melancarkan aksinya. Pelaku berinisial S bertugas memotong kabel, SR dan AD bertugas menarik kabel yang masih aktif.

Lanjutnya, lalu kabel yang dicuri kemudian dijual kepada DM yang merupakan penadah kabel yang dicuri ketiga pelaku yang sudah bertahun-tahun melalukan aksinya.

“Para pelaku merupakan spesialis pencurian kabel milik PLN, mereka tidak hanya beroperasi di wilayah Polman saja tapi di wilayah Sulsel dan Palu mereka juga melakukan aksi pencurian kabel,” terang Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono saat press rilis di halaman belakang Mapolres Polman, Selasa (11/7/2023).

Kendati kemudian, kata Kapolres Polman PLN mengalami kerugian Rp. 92 juta dan sering terjadi pemadaman di daerah yang kecurian. Keempat pelaku disangkakan pasal 363 KUHP junto pasal 55 dengan ancaman tujuh tahun penjara.

Dalam kesempatan tersebut, Polres Polman juga mengungkapkan pencurian kendaraan bermotor di wilayah Pekkabata, terdapat tiga kendaraan bermotor yang berhasil diamankan dari tangan pelaku.

Pelaku tidak ditampilkan saat pres rilis lantaran masih dibawa umur. Namun meskipun masih dibawa umur pelaku berhasil mencuri tiga unit kendaraan bermotor di Pekkabata.

“Pelaku ini memanfaatkan kelalaian masyarakat dan berhasil melakukan pencurian di SMK 1 Polewali dan di halaman mesjid Syuhada Polman.” jelasnya.[*]