Polisi Bersenjata Lengkap Amankan Gereja Saat Perayaan Paskah di Polman Digelar

Perayaan Paskah
Perayaan Paskah dan Jumat Agung di Polewali Mandar, dijaga ketat Polisi bersenjata lengkap, Jumat (2/4). Foto: Doc. Humas Polres Polman

Pihak Kepolisian Resor (Polres) Polewali Mandar perketat penjagaan di sejumlah rumah ibadah (Gereja) di Polewali Mandar saat perayaan Paskah dan Jumat Agung berlangsung.

“Ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti penyerangan di duga pelaku bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar dan penyerangan markas Mabes Polri,” terang Ardi Sutriono Kapolres Polman, Jumat (2/4/2021).

Anggota Kepolisian pada tugas pengamanan dan pemantauan, terdiri dari Personil Polres Polman bersama Personil Kompi 3 Satuan Brimob Polda Sulbar.

Sebelumnya, para anggota kepolisian yang diturunkan terlebih dahulu mengikuti Apel pengecekan dilanjutkan Anev. Dipimpin langsung Kapolres Polman AKBP Ardi Sutryono, di Mako Polres Polman Jalan Dr Ratulangi Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman, Jumat (2/4/2021).

AKBP Ardi Sutriono mengungkapkan, pengamanan dan pemantauan (Giat Pantau Monitor) dilaksanakan dengan memeriksa Jemaah yang ikut merayakan Paskah dan Jumat Agung di tiap Gereja.

“Untuk keamanan gereja itu sendiri. Kita (Polres Polman dan Brimob Polda Sulbar) sebelumnya lakukan seterilisasi gereja. Serta menerapkan pengamanan yang berlapis di gereja dengan memeriksa setiap jemaah yang masuk dengan menggunakan metal detector,” Ujar Kapolres

Sejumlah personil dari Brimob Polda Sulbar bersenjata lengkap ikut serta bersama Polres Polman melakukan pengamanan di area gereja selama rangkaian perayaan hari paskah berlangsung.

Adapun gereja di Kecamatan Polewali yang diamankan dan dalam pemantauan kepolisian yaitu

  • Gereja Toraja Mamasa ( GTM ) bertempat di Jalan (Jln) Kartini Kelurahan Takkatidung,
  • Gereja Toraja Jln Kartini Kelurahan Takkatidung,
  • Gereja Petra Jln Kartini Kelurahan Takkatidung,
  • Gereja Pantekosta Kelurahan Takkatidung,
  • Gereja Musafir Kelurahan Lantora,
  • Gereja Sion Toraja Mamasa Jln Poros Polman Majene Kelurahan Polewali, dan
  • Gereja Katolik Paroki Santo Yosep Jln Semangka Kelurahan Polewali.

Sesuai laporan dari pihak kepolisian yang berjaga, hingga saat ini giat masih dilaksanakan dengan situasi dalam keadaan aman dan terkendali.