Polres Polman Bentuk Tim Khusus, Tindak Tambang Galian Ilegal

Tambang Ilegal
Ilustrasi Tambang Ilegal

Menyikapi keberadaan tambang galian C yang tidak memiliki izin (ilegal) dan bebas beroperasi di kabupaten Polewali Mandar (Polman). Polres Polman bentuk tim khusus untuk melakukan penyelidikan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Polman AKBP Agung Budi Leksono, untuk segera menindaklanjuti dengan membentuk tim khusus. Mengkroscek izin operasional semua tambang yang ada di Polman.

“Hari ini saya akan bentuk tim khusus untuk langsung melakukan monitoring dan besok akan turun melakukan kroscek di beberapa titik tambang di Kabupaten Polewali Mandar,” ucap Kapolres Polman saat di temui, Sabtu (14/01/2023).

Lanjut, kata Agung, keberadaan tambang ilegal tersebut segera di tindak berdasarkan keluhan masyarakat. Mengumpulkan saksi-saksi serta alat bukti yang kuat untuk kemudian dilakukan pemeriksaan.

Tak hanya itu, pihaknya telah mengantongi nama pemilik tambang, dan segera melakukan penyelidikan terkait keberadaan tambang ilegal tersebut.

“Kita sudah lidik nama namanya kita sudah dapatkan. Kita akan panggil dan kita akan buka kembali jika, sudah mendapatkan ijin dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

“Semua yang ada di Kabupaten Polewali Mandar akan kita lakukan penyelidikan. Termasuk ranah Pemerintah Daerah yang memberikan izin,” tambahnya.

Polisi berpangkat dua bunga itu menegaskan jika aktivitas di lokasi pertambangan yang di duga tidak memiliki izin saat ini sudah di hentikan. Ia juga akan berkoordinasi dengan Dinas Transnaker dan ESDM Kabupaten Polman.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan teman-teman dari Dinas Transnaker dan ESDM Kabupaten Polman. Apakah ada rekomendasi kepada penambang-penambang yang ada. Baik dari pemerintah setempat, maupun pemerintah pusat terkait peruntukkan kepada masyarakat. Namun kita tetap akan mengecek perizinannya kalau memang tidak ada, kita akan tutup.” tuturnya.