Ponpes NU Kanang Polewali Mandar Buka Penerimaan Santri Baru TA 2022-2023

Santri Baru NU Kanang
Santri Baru NU Kanang Tahun Ajaran 2022-2023

Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Kanang Polewali Mandar, membuka penerimaan santri baru NU Kanang menyambut tahun ajaran 2022/2023. Pimpinan Pondok NU Kanang KH Dr Adnan Nota, mengatakan, pendaftaran dilakukan secara online dan offline mulai tanggal 4 April s/d 30 Juli 2002.

“Insya Allah ini akan kita lakukan penerimaan santri baru mulai tahun ajaran ini (2022/2023). Jadi Insya Allah tanggal 4 April sampai 30 Juli 2002 itu adalah proses penerimaan santri baru,” ungkapnya kepada pattae.com, Sabtu (2/4/2022).

Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulawesi Barat itu menyampaikan, santri baru yang berasal dari Desa Batetangnga dan Rea. Pengurus Ponpes NU bersepakat akan menggratiskan sampai kelas III untuk tahun ajaran 2022/2023.

“Kenapa kita lakukan demikian, pertama merupakan penghargaan kepada masyarakat Batetangnga dan masyarakat Rea. Yang mensuport, mendukung, terhadap eksistensi lahirnya pondok pesantren nahdatul ummah ini,” jelasnya.

Adapun terkait pengadaan seragam santri, dan biaya katering, tetap akan di bebankan kepada santri nantinya. Jadi, pembebasan biaya itu, diperuntukan untuk biaya pembangunan dan pembayaran bulanan.

Pondok Pesantren naungan Yayasan Haji Nota Damawiyah, menjalankan proses pembelajaran, selain tetap mengacu pada kurikulum Kementerian Agama. Juga menyisipkan kurikulum perpaduan antara Sains dan penguasaan kitab Islam.

“Itu kita akan melahirkan dari sini santri yang yang menguasai kitab kuning tapi juga Insya Allah tahu terkait dengan sains,” kata Kepala Kemenag Mamasa itu.

Adapun program pendidikan yang akan dijalankan nantinya yaitu, Qiraatul Kutub (pengajian Kitab Kuning). Tahfidzul Qur’an (menghafal Al-Qur’an), Tahsinul Qur’an (Tajwid dan Tilawah), Tathbiqil Lugaat (pembinaan bahasa asing). Qiraatul Muntaz (penuntasan baca Al-Qur’an), dan Tamrinul Khitobah (latihan Khotbah/ceramah).  

Selain itu, terdapat juga program lain yang dijalankan Ponpes NU Kanang nantinya yaitu, Barazanji, Manskib, Tahlil, serta Maulidan dan lain-lainnya.

Sementara untuk program pendidikan formal, di Ponpes NU Kanang terdapat dua Madrasah yakni, Madrasa Tsanawiyah dan Aliyah.

Bagi santri nantinya bisa juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR/UKS, Paskibraka, Pencak Silat, Olahraga, dan Kesenian.

Pendaftaran Santri Baru NU Kanang

Berminat mondok di Pondok Pesantren NU Kanang dalam menimbah ilmu-ilmu keagamaan dan pengetahuan umum lainnya, bisa mendaftarkan secara online melalui link

Atau bisa juga dengan mendatangi langsung sekretariat Jl. H. Nota, Saleko/ Jl. Mangondang No.1 Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, untuk pengambilan formulir pendaftaran.

Pendaftaran ulang dibuka pada tanggal 31 Mei 2022 di sekretariat PPs Nahdlatul Ummah (NU) Kanang Jl. H. Nota, Saleko dengan membawa berkas berupa; Fotocopy, KK, Ijazah/SKL, KTP Orangtua/WALI dan Pas Photo 2×3, 3×4, 4X6 masing-masing  3 lembar dengan berlatar merah.

Diketahui, untuk pengambilan formulir pendaftaran santri baru NU Kanang, tidak dipungut biaya alias gratis. Pondok Pesantren Nahdlatul Ummah Kanang sendiri, merupakan Ponpes yang baru didirikan tahun ini 2022.[*]