Prioritaskan Jalan Perumahan Elit, Pemkab Polman Dinilai Tebang Pilih

Perumahan Elit
Perbaikan Jalan di salah satu Perumahan Elit di Polewali

Warga Matakali menilai Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar tebang pilih terkait proyek pekerjaan infrastruktur jalan.

Mereka menganggap Pemkab Polman lebih memprioritaskan pengerjaan jalan perumahan elit di Polewali ketimbang jalan umum.

Mereka membandingkan kondisi jalan menuju Puskesmas Matakali yang sudah bertahun tahun mengalami kerusakan dan memprihatinkan, namun hingga saat ini tak kunjung ada perbaikan.

“Kami sangat menyayangkan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar. Lebih mengutamakan pengerjaan jalan di Perumahan,” ungkap Maaruf, warga Matakali. Minggu (22/10/2023).

Diketahui, jalan sepanjang kurang lebih 2 KM tersebut sudah masuk dalam prioritas pengerjaan tahun ini pada Musrembang Kecamatan. Namun jalan tersebut di hapuskan dengan alasan PMK 212.

Mirisnya, Pemkap Polman lebih memilih perbaikan pengaspalan jalan di salah satu Perumahan yang di Kecamatan Polewali menggunakan anggaran APBD 2023 dengan total anggaran pengerjaan sekitar Rp. 795 juta dengan target fisik Panjang 579 Meter dan Lebar 4 Meter.

Dimana, Perumahan tersebut di huni sejumlah pejabat yang ada di Kabupaten Polewali Mandar dan anggota DPRD Kabupaten Polewali Mandar.

“Seharusnya jalan menuju Puskesmas ini menjadi salah satu jalan yang harus diprioritaskan pengerjaannya. Karena jalan ini sering digunakan masyarakat untuk berobat ke Puskesmas,” jelas Maaruf.

Warga Kecamatan Matakali Ma’ruf mengaku, sangat menyayangkan sikap pemerintah yang lebih memprioritaskan pengerjaan jalan yang ada di perumahan dibandingkan jalan menuju Puskesmas.

Menurutnya, Pemerintah harusnya mempertimbangkan mana pengerjaan yang lebih urgen yang harus diprioritaskan, tidak sertamerta mengerjakan jalan yang dianggap tidak terlalu urgen.

“Kita kecewa, karena salah satu Perumahan yang ada di Polewali lebih diprioritaskan dibandingkan jalan menuju Puskesmas. Pemerintah harus memperhatikan dan mempertimbangkan urgensi terhadap pengerjaan tersebut, asas manfaatnya seperti apa,” tuturnya.

Kondisi Jalan Menuju Puskesmas Matakali

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Suryani menjelaskan, pengerjaan jalan di perumahan Polewali Residen ini berdasarkan persetujuan pihak eksekutif dan legislatif.

“Jalan yang ada di Kecamatan Matakali yang di coret itu semuanya ada di DPA 2023. Karena ada PMK 212 Dinas PU harus mengurangi anggaran sebesar 28 Milliar. Beberapa kegiatan yang batal dilaksanakan ditahun anggaran 2023,” jelas Suryani saat dikonfirmasi.

Pihaknya mengaku dilema saat akan mengelurakan beberapa pengerjaan jalan akibat PMK 212. Namun, lambat laun pengerjaan jalan yang ada di Perumahan tetap berjalan sementara untuk jalan menuju Puskesmas dihapuskan.

“Terusterang kita di PU sangat dilema, sampai sampai saat pencoretan itu ada beberapa kali kita dikasi deadline. Tapi tidak bisa kamo selesaikan karena kita bingung yang mana mau kita coret,” jelasnya.

Meski demikian ia mengaku dengan adanya kejadian ini pihaknya sama sekali tidak ada kepentingan dalam penentuan pekerjaan jalan tersebut.

“Kami sama sekqli tidak ada kepentingan bahwa ini yang dicoret ini yang tidak, tidak ada dari pihak manapun yang menginterpensi ini murni,” Ungkapnya.[*]