Program “Dum-Dum”, Upaya Pemerintah Cegah Kematian Ibu Melahirkan

Dinas Kesehatan melakukan kegiatan Donor darah dalam program Dum-Dum di Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar
Dinas Kesehatan melakukan kegiatan Donor darah dalam program "Dum-Dum" di Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar

“Dum-Dum” adalah singkatan dari Darah Untuk Kemanusiaan dan Darah Untuk Melahirkan, merupakan Program Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar untuk menekan angka kematian ibu melahirkan akibat pendarahan.

Selain itu, Program ini juga dilakukan untuk ketersediaan stok darah di PMI Cabang Polman yang dilaksanakan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI di Puskesmas Mapilli, Kabupaten Polewali Manda, Rabu 27 November 2019.

“Program ini merupakan Program Dinas Kesehatan, Bekerja sama dengan beberapa  Puskesmas yang ada di Kabupaten Polewali Mandar”. Ungkap Adam.

Lanjut Staf PMI Polewali Mandar itu, memberitahukan kepada ibu hamil untuk menyediakan 4 orang pendonor guna mempersiapkan persalinan mereka nantinya.

“Darah pendamping ibu hamil ini nanti dibawah ke UTD Polewali Mandar. Jika bulan kelahiran ibu hamil sisa sebulan atau tidak cukup sebulan, darah pendampingnya itu akan disiapkan.” Pungkasnya

“Apabila darah itu tidak dipakai, darah akan tetap disimpan di UTD. Darah itu akan digunakan pasien lain, akan tetapi harus seizin pemilik darah”. Lanjutnya

Sebelum pelaksanaan program tersebut, pihaknya telah melaksanakan Sosialisasi “Dum-Dum” yang berjalan pada Agustus 2019 lalu. Sosialisasi tersebut dipusatkan di Desa Bonra dengan menghadirkan seluruh Kepala Desa yang ada di Kecamatan Mapilli.

Warga Mapilli sedang melakukan donor darah ke Unit Transfusi Dara PMI Polewali Mandar

Kepala Puskesmas Mapilli, H. Saldi Kursani mengatakan, sosialisasi tersebut akan terus dilakukan per tiga bulan

“Ini kegiatan pertama kalinya, setelah kita (Puskesmas Mapilli) melaksanakan Sosialisasi Dum-Dum. Insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut dan Menurut informasi pertiga bulan akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Mapilli”. Ungkapnya

Selain itu, Saldi Kursani juga menjelaskan berbagai manfaat donor darah, yang tidak hanya bagi orang lain. Tetapi, juga sangat bermanfaat bagi kesehatan si pendonor.

Beberapa manfaat donor darah pun ia ungkap seperti, Mencegah penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, menurunkan Kolestrol. Ia juga mengungkapkan, dengan mendonorkan darah, dapat meningkatkan produksi darah dan membuat pikiran lebih stabil.

Untuk itu, lanjut Kepala Puskesmas Mapilli itu menghimbau, khususnya kepada seluruh masyarakat Kecamatan Mapilli, agar dapat berpartisipasi mensukseskan kegiatan “Dum-Dum”. [pattae.com]

Penulis : Nurhaidah Gomiho*
Editor : Bustamin Tato*

Das’ad Latif Mengisi Takziyah 40 Hari Meninggalnya H. Bedong