Program Pelaksanaan Perkada APBD Polman 2022 di RDP-kan DPRD

Program Pelaksanaan Perkada APBD Polman 2022 di RDP-kan DPRD
Program Pelaksanaan Perkada APBD Polman 2022 di RDP-kan DPRD

Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) pertanyakan program yang ada dalam pelaksanaan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) APBD 2022, di ruang Aspirasi DPRD Polman, Kamis (10/2/2022).

RDP tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Polman Amiruddin, dan dihadiri Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud, Wakil Ketua II Hamzah Syamsuddin, Wakil Ketua III Hj. Nurbaeti, serta Para anggota DPRD Polman lainnya.

Hadir pihak eksekutif Kepala Badan Keuangan Daerah Mukim Tohir, Pelaksana Kepala Bappeda Andi Himawan Jasin. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Polman Sukirman Saleh, Staf Ahli Bupati Abdul Jalal Tahir. Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Polman Budiutomo Abdullah dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Saat Rapat, Wakil Ketua DPRD Polman Amiruddin menyebutkan TAPD harus menyiapkan dokumen Perkada APBD dan dokumen rancangan awal RKPD 2023. Serta menyertakan kegiatan apa saja yang dilaksanakan Pemerintah Daerah di tahun 2022.

“Kita ingin melihat isi dokumennya kemudian secara bersama-sama kita cermati untuk menjalankan fungsi DPRD sebagai fungsi pengawasan penganggaran,”ungkap Amiruddin.

“Melalui RDP ini kita ingin mengetahui apa saja kegiatan yang dilaksanakan OPD-OPD di tahun 2022, termasuk program di DPRD, sampai yang mana program kerja yang masuk dalam usulan di Perkada tersebut,” tambahnya.

Amiruddin menegaskan minggu depan seharusnya, sudah turun melakukan reses ke masyarakat. Hal itu kemudian dipertanyakan karena PRD Polman dalam memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait program yang menjadi usulan sebelumnya tak bisa dilakukan lantaran dokumen belum ada.

Sementara itu, Ketua DPRD Polman Jupri Mahmud menginginkan, agar dua dokumen yang sebutkan diatas dapat diterima DPRD pada hari senin dan akan dibahas secepat mungkin.

ditempat yang sama, Pihak Eksekutif dalam hal ini Pelaksana Kepala Bappeda menyampaikan baru bisa menyerahkan datanya pada hari Senin lantaran masih ada yang perlu disesuaikan.

“Masih pada rancangan awal belum finalisasi, dipusat juga belum menghasilkan tema dan masih dalam proses penyempurnaan.” Terang Himawan Jasin.[*]