Project STOP NOVA Chemicals Mencegah Sampah Plastik di Laut Indonesia

Project STOP di Indonesia menanggulangi Sampah Plastik
Project STOP di Indonesia menanggulangi Sampah Plastik. Sumber Grafik: EndPlasticWaste

Mencegah penyebaran sampah plastik di laut Indonesia, cabang perusahaan Borealis asal Austria, NOVA Chemicals, mengumumkan investasi mereka selama tiga tahun. Dana yang mereka gelontorkan sebesar USD 2 juta (28,404 Triliun Rupiah) untuk mencegah sampah plastik yang terdampar di lautan.

Investasi ini mendorong program “Project STOP”, yaitu sebuah program yang menginisiasi dunia baru tanpa sampah plastik. Program ini dijalankan di negara-negara yang dianggap sebagai penyumbang sampah plastik tertinggi di dunia.

Asia Tenggara telah diidentifikasi sebagai sumber utama penyebaran sampah plastik ke laut. Hal ini disebabkan karena perkembangan ekonomi dan konsumsi plastik, telah melampaui ekspansi sistem pengelolaan limbah di kawasan tersebut. Di Asia Tenggara, Project STOP NOVA Chemicals telah memilih Indonesia sebagai wilayah fokus utama mereka.

“Kami memahami kekhawatiran yang berkembang tentang polusi plastik laut, dan kami telah bersepakat tuk mengambil tindakan mengatasi tantangan ini. Investasi NOVA Chemicals untuk penanggulangan sampah plastik, menunjukkan komitmen kami tuk membentuk dunia yang lebih baik” kata John Thayer, Wakil Presiden Senior, Polyethylene Business di NOVA Chemicals.

“Plastik terlalu berharga untuk dibuang atau dibiarkan begitu saja. Kami bekerja dengan Project STOP untuk menemukan solusi  dalam mencegah polusi plastik di lokasi-lokasi penting di seluruh dunia.” Lanjutnya.

CEO Borealis, Alfred Stern menjelaskan, Project STOP sebagai langkah penting untuk menciptakan sirkulasi ekonomi plastik.

“Proyek STOP merupakan langkah penting menuju terciptanya ekonomi sirkular plastik. Kami sangat senang bahwa, setelah usaha patungan kami dengan Borouge, adik perusahaan kami NOVA Chemicals bergabung dengan kami dalam inisiatif yang memimpin industri ini, ” Alfred Stern menjelaskan, CEO Borealis.

“Kolaborasi Borealis, Borouge, dan NOVA Chemicals menagih komitmen kami tuk secara proaktif membantu memecahkan masalah plastik laut.”

Investasi NOVA Chemicals akan membagun kerja sama dengan beberapa kota yang ada di Indonesia. Kota pertama yang mereka sasar yaitu di Muncar, suatu komunitas nelayan pesisir yang berlokasi di Banyuwangi.

Daerah Muncar terpilih sebagai lokasi Program “Proyek STOP” karena disana terdapat pembuangan limbah yang langsung menuju kelaut.  

Proyek STOP adalah kerja sama antara oleh Borealis dan Systemiq pada tahun 2017. Borealis adalah penyedia terkemuka solusi inovatif di bidang poliolefin, bahan kimia dasar dan pupuk bekerja sama dengan Systemiq menciptakan, menginkubasi, dan berinvestasi dalam solusi inovatif untuk penggunaan lahan, bahan, dan sistem energi yang berkelanjutan.

Tiga Fokus Tujuan “Project STOP”

Tidak ada kebocoran limbah ke lingkungan dengan memastikan layanan pengumpulan limbah tersedia untuk semua rumah tangga dan bisnis, melalui peningkatan titik pengambilan, fasilitas pemilahan dan staf.

Meningkatkan daur ulang plastik dengan memperkuat rantai pasokan dari pengumpulan limbah ke perusahaan pengelolaan limbah.

Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dalam sistem pengelolaan limbah dan mengurangi dampak pengelolaan limbah yang tidak baik bagi kesehatan masyarakat, pariwisata dan perikanan.(pattae.com)

Momentum 10 Muharram, Guru dan Siswa MA Izzatul Ma’arif Adakan Zikir Bersama