Puluhan Angkatan Kerja Muda Polman Ikuti Sertifikasi SKKNI Bidang TIK

Puluhan peserta dari Angkatan Kerja Muda mengikuti pelatihan sertifikasi bidang informatika berbasis SKKNI
Puluhan peserta dari Angkatan Kerja Muda mengikuti pelatihan sertifikasi bidang informatika berbasis SKKNI

POLEWALI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo -RI) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado, gelar sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Angkatan Kerja Muda untuk Memperoleh Sertifikat Keahlian.

Antusias puluhan peserta generasi muda lulusan SMK bidang TIK mengikuti kegiatan ini yang berlangsung selama 5 (lima) hari (21 s.d 25 Oktober 2019) di Hotel Ratih Jl Jendral Ahmad Yani, Polewali Mandar.  

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Dr Sarjan, serta dihadiri kepala Bidang Dinas tenaga kerja dan transmigrasi, Indra Wijaya, Serta Ir Baharuddin selaku Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kab Polewali Mandar, Senin (21/10).

Merupakan bagian dari program Kemenkominfo – RI untuk memberikan pengakuan kompetensi SDM bidang TIK di dunia industri Nasional pada khususnya, dan internasional melalui uji sertifikasi kepada para peserta sebagai Angkatan Kerja Muda.

Kepala BPSDMP Kominfo Manado Chirstiany Juditha, saat dijumpai awak media Mengatakan, Kegiatan ini termasuk dalam agenda tahunan di 5 (Lima) kabupaten, dimana 2 (dua) Kabupaten/Kota diantaranya di laksanakan di Provinsi Sulbar.

Pada pembukaan, Kemenkominfo mengundang Khusus narasumber dari Pemda seperti Dinkominfo dan Distransnaker yang berhubungan langsung dengan pengembangan SDM khususnya Angkatan Kerja Muda. Sehingga, lanjut Christiaany Judita, ada sinkoroniasi alumni-alumni SKKNI berguna dan dapat diserap.

Dalam kegiatan ini, tambah Kepala BPSDMP Kominfo Manado, difokuskan selama 5 (lima) hari. Dimana 3 (tiga) hari untuk pembelajaran, dan 2 (dua) hari untuk uji sertifikasi oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP).

Pada kegiatan tersebut, para peserta menampilkan persentasinya di depan para penguji. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, mereka bisa mengikuti kegiatan selanjutnya.

“Kegiatan ini, adik-adik bisa lulus semuanya karena kompetensi dibidang TIK itu, sangat dibutuhkan di era sekarang ini” Harapnya

“Kemudian itu, jadi prioritas utama dan suatu kebanggaan kalau anak-anak itu (para peserta SKKNI) memiliki sertifikasi dibidang TIK dan teman-teman yang memiliki sertifikasi kompetensi ini, bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing di dunia kerja nantinya dalam membangun daerah lokal masing-masing”. Tutup Kepala BPSDMP.

Pelatihan sertifikasi bidang informatika berbasis SKKNI Kemenkominfo-RI untuk Angkatan Kerja Muda Polewali Mandar
Pelatihan sertifikasi bidang informatika berbasis SKKNI Kemenkominfo-RI untuk Angkatan Kerja Muda Polewali Mandar

Tanggapan Terpisah, Indra Wijaya selaku Kepala bidang Distransnaker mengatakan, “kegiatan untuk pelatihan dan peningkatan kapasitas kompeten ini, sangat kita harapkan, mudah-mudahan ini bisa tetap berlanjut.” Katanya

“Karena khususnya alumni SMK itu, diharapkan mereka punya pengakuan secara kompotensi. Jadi, melalui sertifikasi ini, diharapkan ketika mereka (angkatan kerja muda) mau terjun ke dunia kerja, mereka mampu eksis dan memperlihatkan bahwa kami adalah tenaga kerja yang siap pake, sesuai dengan kompetensi yang kami miliki”. Ungkapnya

Sementara itu Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Ir. Baharuddin juga bertutur, “Dengan adanya kegiatan ini saya berharap kepada peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini secara baik dan maksimal”.

“Ini peluang yang luar biasa, tidak mudah untuk mendapatkan sertifikasi. Kiranya semua sekolah SMA, pesantren juga bisa ikut sertifikasi berbasis Standar Kompentensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang TIK dapat meningkatkan kompetensi dan mampu bersaing dengan angkatan kerja lainnya”.  Ujarnya.

Seperti yang disampaikan Pihak Kemenkominfo-RI program tersebut merupakan upaya pengembagan progam pembangunan untuk penguatan SDM. Khususnya bagi angkatan kerja muda agar memiliki kompetesi yang unggul, dan membangun budaya kompotensi melalui sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK.

Menuju masyarakat informasi indonesia ini, juga diharapkan Angkatan Kerja Muda dapat meningkatkan kompetensi diri, disiplin, kejujuran dan memiliki daya saing tinggi dalam mencari kerja dan menciptakan peluang kerja baru. Tutupnya. [Andryanto_Bahar]*

Permapem Universitas Al-Asyariah Mandar bakti sosial didesa kaloek
Permapem Universitas Al-Asyariah Mandar Baksos di Desa Kaleok