Puluhan Warga Tandakan Ikut Aksi Donor Darah UTD PMI Polman

Donor Darah
Pemuda Tandakan Ikut Aksi Donor Darah UTD PMI Polewali Mandar

Peduli Kemanusiaan, puluhan warga dusun Tandakan Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, ikut dalam aksi donor darah yang digelar Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Polewali Mandar,  di pelataran Masjid Syuhada’ 45 Tandakan, Minggu 20/6/2021.

Aksi donor darah yang di dominasi kalangan usia produktif itu, mendapat respon positif dari dokter yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah sih, lumayanlah. Artinya, mereka sadar akan pentingnya donor darah. Tapi, lebih nilai plus nya lagi, karena anak mudanya biasanya kan di tempat lain itu orang tua yang memang sudah tau manfaatnya dan sering dan juga dari kesehatan. Kalau di sini saya liat bagus sekali, karena banyak anak muda regenerasi ke depannya” jelas dr Kastriana kasman UTD/UDD Polewali Mandar.

Salah satu pemuda yang ikut mendonorkan darahnya, mengaku hadir atas inisiatif dari dirinya sendiri.

“Saya terpanggil sendiri untuk donor darah. Saya merasa tidak ada yang perlu ditakutkan dan terbukti, setelah saya donor, tidak separah yang saya pikirkan” jelas Dahira

Para pendonor darah, sebelumnya harus memenuhi syarat dan ketentuan seperti, umur di atas 17-65 tahun, berat badan tidak kurang dari 45 kg. Tensi darah tidak kurang dari 90/60 atau lebih dari 170. Tidak sedang mengkonsumsi anti Biotik.

Bagi yang baru mendapatkan vaksin, kata dr Kastriana, belum dapat ikut donor darah dalam jangka waktu 1 minggu pasca divaksin.  

“Kalau sudah di vaksin tidak boleh donor. Kecuali sudah dua minggu setelah di vaksin baru boleh donor darah,” jelas dr Kastriana

Syarat selanjutnya, bagi calon pendonor darah, tidak mengidap penyakit seperti penyakit kuning, dan HIV.

Sementara untuk mekanisme transfusi darah sendiri. Pertama, mengisi formulir setelah itu, dilanjutkan ke proses screening. Pemeriksaan Hemoglobin (Hb) calon pendonor juga dilakukan untuk memastikan apakah bisa atau tidak.

Lanjut, pengecekan golongan darah, berat badan, dan observasi kondisi kesehatan calon pendonor.(rls)*