PWI Sulsel Uji Kompetensi Wartawan Dari Tiga Wilayah

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Gedung Graha Pena Makassar, lantai 19 mulai, Sabtu-Minggu (19-20/12/2020).

Kegiatan UKW bertema ‘Membangun pers berkualitas, bermoralitas, berintegrasi dihargai masyarakat dan pemerintah’ dibuka langsung Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh.

Zulkifli dalam kesempatannya mengungkapkan dua hal terkait penyelenggaraan UKW. Pertama soal keluhan kurangnya tenaga admin dari PWI pusat di setiap pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan di daerah.

“Tenaga administrasi dari PWI pusat memang sangat terbatas, ini selalu jadi sorotan. Kita berharap administrasi ini cukup dikirimkan saja, ini juga bisa menghemat anggaran panitia pelaksana,” katanya.

Mantan Ketua PWI Sulsel itu juga berharap peserta bisa dengan serius mengikuti UKW. Sebab dengan lulus UKW, setiap jurnalis bisa dikategorikan wartawan kompeten.

“Meski telah dipercaya oleh perusahaan dan organisasi pers tempat anda bekerja. Tanpa UKW, anda belum mendapat pengakuan dari Dewan Pers. Juga ada jaminan kartu kompetensi UKW anda abadi, kalau melanggar bisa dicabut,” jelasnya.

UKW PWI Sulsel angkatan XX ini diikuti sekitar 42 wartawan dari berbagai lembaga pers di tiga wilayah (Sulteng, Sulsel, dan Sulbar). Selain itu terdapat 2 kategori wartawan utama, 4 wartawan madya dan selebihnya waratawan muda.