RBN Madatte Art Rayakan Milad ke 7 dengan Tema Etno Milenial

RBN Madatte Art Menampilkan seni teater dengan judul Jenderal Kancil pada Milad Ke 7. RBN Madatte Art
RBN Madatte Art Menampilkan seni teater dengan judul Jenderal Kancil pada Milad Ke 7. Photo: RBN Madatte Art

Rumah Budaya Nusantara atau RBN Madatte Art gelar pentas seni di Sport Center, Polewali Mandar, Sabtu 6 April 2019. Pagelaran ini dilaksanakan dalam rangka Milad RBN Madatte Art ke 7 tahun.

RBN Madatte Art pada milad ke 7 nya itu bertemakan “Etno Milenial”. Maksud Tema yang diangkat tersebut merupakan milenialisasi tradisi lama versi RBN Madatte Art.

Sanggar seni yang hadir pada Milad tersebut yaitu Sipatuo Mammesa, Sanggar Seni Bura Lembong. Sanggar seni Sikola Paqbanua juga berpartisipasi dengan menampilkan karya-karya seni mereka.

Sanggar seni Sipatuo Mammesa (S3M) Mirring menampilkan puisi teatrikal  dengan judul “Nusantaraku Sekarat” yang dibawakan Salwa dan Devi. Dalam puisinya, Ia menceritakan tentang Nusantara yang saat ini sekarat.

Sedangkan sanggar seni Bura Lembong asal Tonyaman Polman, menampilkan tarian perjuangan Andi Depu. Untuk sanggar seni Sikola Paqbanua asal Wonomulyo, menampilkan karya seni musikalisasi puisi.

Dalam Pementasan itu, RBN Madatte Art sendiri menampilkan beberapa karya baru mereka. Salah satu karya yang ditampilkan yaitu Drama musikal berjudul “Jenderal Kancil”.

Seni Teater yang berjudul “Jenderal Kancil” diperankan 11 orang. Teater tersebut menceritakan suatu masyarakat kecil yang dikucilkan oleh pemerintah, kemudian bangkit melawan.

Karya lain yang mereka tampilkan yaitu Tarian Nusantara, dengan back sound dari Serikat Pemusik Dekker (SPD), dan musikalisasi puisi yang berjudul “Sukma Mandar”.

Antusias penonton menyertai tribun pementasan seni di Sport Center. Agung, salah satu anggota Sipatuo Mammesa yang hadir sangat terhibur dengan adanya pagelaran seni RBN Madatte Art ini.

“Milad rumah budaya nusantara ini sangat luar biasa karna bupati polewali mandar juga hadir memeriahkan milad ke 7.” Tuturnya.

“Tidak bosan-bosan mengundang sanggar kami (S3M) di setiap kegiatan mereka” Lanjut Agung.

Milad ke 7 mereka yang disertai dengan pagelaran seni, hadir
Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar (AIM) menyaksikan karya seni dari beragam sanggar seni yang hadir.

Bupati Polman dalam kehadirannya juga memberikan saran kepada RBN Madatte Art, agar melakukan event pementasan seni setiap bulannya di Sport Center.

Bukan hanya Bupati Polman yang hadir, Pembina RBN Madatte Art, Mustari Mula serta Kepala Kelurahan Madatte juga menyempatkan hadir pada milad ke 7. (pattae.com)

Penulis: Amin/Ombe*

Ilustrasi Gambar Nyamuk sedang mendekati area telinga manusia
Nyamuk Suka Terbang di Area Telinga Anda? Begini Alasannya