Rikolto Indonesia, Launching Produk Pertanian Berbasis Digital di Polman

Produk Pertanian Berbasis Digital
Launching Produk Pertanian Berbasis Digital oleh Rikolto Indonesia

Launching Produk pertanian berbasis Digital dengan menciptakan alat pengontrol suhu pada tempat pengeringan kakao di Cafe Batistuta, Jumat (19/11/2021) kemarin. Tools tersebut dikembangkan pemuda binaan Rikolto di Desa Rappang Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Pada peresmian tersebut, pemuda Polman binaan Rikolto Indonesia secara Virtual memperlihatkan teknologi yang digunakan di rumah jemur dan rumah fermentasi UPH, dibantu Fasilitator Fajar Mukharom Darozat secara virtual ditempatnya di Bali.

Manager Program Kakao Rikolto Indonesia Peni Agustijanto, menjelaskan, Proyek ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pemuda dalam pengembangan agribisnis dengan menciptakan lingkungan pendukung yang kondusif.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk follow-up, mengenai proses pembelajaran dan implementasi pengetahuan tentang Internet of Things (IoT) kepada para pemuda Polewali Mandar.

Pada kegiatan launching, juga melibatkan para stakeholder guna memajukan generasi muda di bidang pertanian. Terutama dalam mengembangkan penggunaan teknologi pertanian.

Peni berharap, para pemuda mampu mengaplikasikan IoT dan memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan untuk memecahkan berbagai permasalahan di bidang pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman Hassani, berharap, kedepannya, Rikolto tidak hanya menjalin kerjasama di bidang kakao tapi juga di Kopi. Pasalnya, menurut Hassani, Potensi kopi di Polman cukup besar dimana sekarang ini banyak masyarakat Polman menjadi petani kopi.

Lanjut, Hassani juga menegaskan, Pertanian sekarang ini harus bernilai bisnis dengan semakin canggihnya tekhnologi Pertanian saat ini.

Dalam rencana kerja pembangunan jangka menengah Polman 2019-2024, Hassani berharap kedepannya bisa maju untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Hal itu tentu harus ditopang dengan cara memperkuat kemandirian ekonomi berbasis potensi unggulan yang ada di wilayah masing-masing.

Hassani mewakili Pemerintah Kabupaten Polman, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Rikolto yang banyak membantu masyarakat Polman dalam bidang pertanian Kakao.

Launching produk digital berbasis pertanian kakao pertanian dan Agripreneurship berbasis digital untuk mendukung keterlibatan anak muda di sektor pertanian. Mendapat dukungan dari MayBank Foundation, ASEAN Foundation, dan telah bekerja sama dengan Rikolto Indonesia serta Pemerintah Kabupaten Polman.[*]