RKDD Batetangnga Latih Perangkat & Pemuda Desa Pengelolaan Website Desa & Konten Kreator

Pengelolaan Website
Pelatihan Pengelolaan Website Desa dan Konten Kreator

Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Batetangnga, Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar menggelar kegiatan pelatihan pengelolaan website desa dan Konten Kreator, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan yang digelar di Aula Serba Guna Desa Batetangnga ini, diikuti 15 peserta terdiri dari pemuda desa dan perangkat desa Batetangnga yang tergabung dalam komunitas digital desa Batetangnga.

Kader digital desa Batetangnga Muhammad Iqbal menjelaskan, tujuan dari pelatihan website desa ini untuk meningkatkan pengetahuan warga terkait teknologi informasi yang kini sudah merambah ke desa-desa.

“Sasarannya sebenarnya ini kegiatan untuk aparat desa dalam pengelolaan website seperti pelayanan publik. Namun, karena keterbatasan tenaga mudanya (perangkat desa) di desa untuk itu, kita menyasar pemuda desa. Selain itu juga menambah perkembangan desa dalam menghadapi digitalisasi “ jelasnya

Pelatihan Pengelolaan Website Desa dan Konten Kreator
Pelatihan Pengelolaan Website Desa dan Konten Kreator

Sementara Sapriadi, selaku Duta digital mengatakan, website desa merupakan tempat di mana masyarakat dapat dapat meminta pelayanan dan mengakses informasi desa secara online. Dahulu informasi desa dipublikasikan melalui media konvensional seperti spanduk, baliho, atau papan informasi.

Dari kegiatan pelatihan ini website desa tetap jalan yang di isi oleh para peserta pelatihan. Selanjutnya bisa memfasilitasi kegiatan pengembangan SDM terkait pengembangan tenaga digital di desa jelasnya.

Dalam pengelolaan website desa memang masih terdapat kendala, yaitu pemahaman terhadap manfaat website desa dan kemampuan SDM perangkat desa. Dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan SDM dan pemahaman tentang website desa.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Polewali Mandar Mihram R, dengan materi pengelolaan website desa Batetangnga.

Sementara pemateri kedua Bustamin, merupakan Dosen Teknik Informatika STMIK Hasan Sulur Wonomulyo dengan fokus pembahasan terkait bagaimana menjadi seorang konten kreator bagi para pemuda desa.[*]