Roasting Kopi Dengan Cara Sederhana

Cara Roasting Kopi menggunakan alat cukup sederhana
Cara Roasting Kopi menggunakan alat cukup sederhana

Menyajikan kopi yang khas pasti memerlukan roasting kopi yang pas, dengan mesin roaster tentunya. Mesin roaster dipasaran cukup mahal dan memerlukan modal yang cukup besar pula tuk memilikinya.

Namun, kalian tak perlu khawatir. Artikel kali ini akan memberikan anda solusi jitu untuk melakukan roasting biji kopi sendiri di rumah. Berikut ulusannya.!

Roasting biji kopi tanpa menggunakan mesin mahal, bisa dikerjakan dirumah dengan mengandalkan kelincahan tangan dan alat tradisional. Alat yang diperlukan adalah Tembikar yang diletakkan diatas tungku.

Tahapan roasting kopi penting dilakukan untuk membuang karakter yang kurang enak di biji hijau (green bean).  Penting juga untuk menciptakan aroma dan rasa yang khas dari biji kopi pilihan anda.

Cara Roasting Kopi (sangrai)

Bagi pecinta kopi yang berniat mengerjakan roasting mandiri, sekarang kalian bisa mengerjakannya ditempat khusus atau rumah anda sendiri. Kalian cuma butuh menaruh bijih kopi yang masih hijau ke atas tembikar yang dipasang diatas tungku api, kemudian panggang hingga siap untuk disajikan.

Cara sangrai biji kopi adalah proses roasting kopi tradisonal dan simpel, tanpa menggunakan keterangan khusus. Metode tersebut Cuma butuh api, wajan atau  tembikar yang terbuat dari tanah liat, dan spatula atau sendok kayu untuk mengaduk rata biji kopi.

Berikut cara yang perlu diperhatikan untuk menyangrai atau roasting kopi pilihan anda secara tradisional dan mandiri !

Hal pertama adalah dengan memanaskan tembikar, setelah itu masukkan biji kopi hijau (green bean) kedalam tembikar/wajan, kemudian aduk secara merata dan tunggu hingga matang.

Cara seperti diatas tentu memerlukan waktu yang lebih lama dibanding dengan mesin roasting kopi yang lebih besar dan mahal. Jadi disarankan untuk anda agar tetap sabar.

Naaah!! Berikut ini tanda yang perlu diketahui saat biji kopi yang disangrai tadi akan siap untuk diseduh atau disajikan. Pertama biji kopi akan terdengar suara letupan atau berada di fase first crack.

Yakinkan biji kopi disangrai sampai tingkat kematangan yang anda perlukan, dengan itu, anda disarankan melihat perubahan warna, bau, dan bunyi letupan saat menggoreng.

Metode sangrai kopi manual seperti yang telah kita bahas diatas tentu memiliki keutamaan dan kekurangan masing-masing. Jadi ketelitian adalah hal yang penting untuk diperhatikan dalam proses tersebut.

Ada juga yang lebih simpel dengan membeli biji kopi dari hasil roastery yang sudah banyak dikota-kota, atau langsung kekedai kopi pilihan anda untuk merasakan nikmatnya kopi dari racikan sang baristanya.

Jangan khawatir kini sudah banyak kedai kopi yang berdiri dikota-kota bahkan di Desa-desa salah satunya adalah kedai kopi ta’e yang berada di Desa Batetangnga, Polewali Mandar.

Penulis: Irwan Jelamis*

Prestasi Gemilang Lawyer Scout MTs DDI Basseang pada Lomba Pramuka Bergengsi Polman