RRI Mamuju Resmi Jadi Stasiun Penyiaran, Idris: Tetap Edukasi Masyarakat

RRI Mamuju
Sekretaris Provinsi Muhammad Idris, saat menghadiri Peresmian Peningkatah Studio Produksi LPP RRI Mamuju Menjadi Stasiun Penyiaran Tipe C, di Rujab Ex Wagub Sulbar, Selasa, 17 Januari 2023.

Sekretaris Daerah Pemprov ( Sekdaprov) Sulawesi Barat (Sulbar) , Muhammad Idris, menghadiri peresmian peningkatan Studio Produksi LPP RRI Mamuju menjadi stasiun penyiaran Tipe C, di Rujab Ex Wagub Sulbar, Selasa (17/1/2023).

Penyerahan pataka RRI oleh Kepala RRI Makassar, Edi Ivan kepada Kepala RRI Mamuju, Malikam Sangaji sebagai bentuk rangkaian diresmikannya Studio Produksi LPP RRI Mamuju Menjadi Stasiun Penyiaran Tipe C sekaligus pengukuhan kepala RRI Mamuju yang baru.

Idris, menyampaikan, misi dari RRI yaitu menjamin terpenuhinya hak warga Negara terhadap kebutuhan Informasi yang objektif dan independent. Selain itu juga sebagai sasaran pendidikan melalui siaran yang mencerdaskan dan hiburan yang sehat serta berpihak kepada kelompok rentan.

Tak sampai di situ, RRI hadir dalam menyiarkan daerah perbatasan, terpencil, terluar dan pesisir sebagai representasi Negara dalam konteks menjadikan daerah pinggiran sebagai pusat aktivitas kultural.

Untuk itu, Idris, berharap RRI terus mendampingi Sulbar kedepan dalam memberikan edukasi, utamanya bagi peningkatan SDM. Penurunan angka stunting, di mana Sulbar, merupakan daerah tertinggi kedua di Indonesia terkait stunting. Serta memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

“Lengkap sudah usaha yang di rintis para pendahulu kita, dan saya tau betul bagaimana daerah ini di bagun dari kilometer Nol. Alhamdulillah, saat ini kita sudah menikmati hasil dari perjuangan para pendahulu kita,” ujar Muhammad Idris

Lanjut Idris, berharap, kehadiran RRI dapat mendorong berkembangnya investasi di daerah demi mewujudkan daerah yang maju dan mandiri.

“Kehadiran RRI dengan segmen yang luas, kami berharap dapat menjangkau masyarakat yang memiliki pengetahuan minim terkait berbagai hal demi menunjang kemajuan daerah kedepan,” tutur Idris.

Peresmian Peningkatah Studio Produksi LPP RRI Mamuju Menjadi Stasiun Penyiaran Tipe C, di Rujab Ex Wagub Sulbar, Selasa,  17 Januari 2023.
Peresmian Peningkatah Studio Produksi LPP RRI Mamuju Menjadi Stasiun Penyiaran Tipe C, di Rujab Ex Wagub Sulbar, Selasa (17/1).

Mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, turut hadir dan mengaku turut merasakan kebahagiaan dan bangga atas kemajuan RRI.

“Saya ingat betul di zaman saya semuanya serba terbatas, termasuk tempat tinggal saya dan begitu juga kantor RRI saat itu. Semuanya harus pinjam,” beber Anwar Adnan Saleh

Direktur SDM LPP RRI, Dedi Suparman, menyampaikan, Kehadiran RRI Mamuju tidak lepas dari peran masyarakat khususnya di Sulbar.

“Semoga dengan kehadiran RRI Mamuju, bisa memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Juga menerima segala masukan masyarakat demi kemajuan Sulbar khususnya Kabupaten Mamuju,” pungkasnya

Kepala RRI Mamuju, Malikam Sangaji, mengutarakan, saat ini di Kabupaten Mamuju telah resmi berdirinya stasiun RRI tipe C. Di mana Iya selaku kepala RRI yang baru akan membuat program-program yang selaras dengan keinginan Sekretaris Daerah Pemprov Sulbar. Utamanya tentang kekasih pendidikan hiburan, kesehatan dan program lain dapat tersalurkan melalui RRI Mamuju

“Kita berharap informasi yang kita sampaikan itu bersifat edukasi sehingga membawa dampak positif bagi daerah Sulawesi Barat. Utamanya mengurangi pernikahan dini, terkait pendidikan bagi anak-anak yang putus sekolah. Penurunan angka stunting dan edukasi penting lainnya, itu adalah program utama yang akan kita lakukan kedepan,” bebernya

Turut serta hadir pada acara itu sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar, Kepala BI Sulbar, Hermanto, Dewan Pengawas LPP RRI, Rini. Dandenhub korem 142 tatag, Letkol. Muh Anwar, Penkum Kejati Sulbar, Amiruddin dan tamu undangan lainnya. [farid]*