RSUD Polman Gelar Workshop Penanganan Ambeien dengan Metode PILA

Penanganan Ambeien
Workshop Penanganan Ambeien

Update ilmu baru dalam penanganan pasien Ambeien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) gelar Workshop kepada para Dokter, di lantai dua ruangan BDRS, Rabu (16/2/2022).

Pada workshop tersebut, hadir Direktur RSUD Waliyo dr. Paran Bagionoto Sp.B, FinanCS. FICS, sebagai pembicara terkait Penanganan Hemoroid dengan Metode Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA).   

Dibuka langsung Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, didampingi Direktur RSUD Polman dr. Anita dan diikuti puluhan dokter ahli beda se Sulbar dan beberapa dokter asal Sulsel.

Menurut dr. Anita, kegiatan workshop yang diselenggarakan RSUD Polman, sebagai bentuk pengembangan pengetahuan baru bagi rekan-rekan dokter.

Hasil dari kegiatan tersebut, dr Anita berharap, penanganan pasien Ambeien kedepannya dapat ditangani dengan baik tanpa harus di operasi. Namun, bisa ditangani melalui metode menyembuhkan PILA.

“Dengan metode ini, para dokter ahli diharapkan lebih mudah menjalani penanganan pasien Ambeien tanpa melakukan operasi besar,” ujar dr. Anita Umar.

Setelah menerima materi Workshop, dilanjut praktek ke pasien yang sudah disiapkan dokter beda untuk segera ditindaklanjuti pemateri dr. Paran Bagionoto bersama peserta dokter beda lainnya.

Sementara itu, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar saat membuka kegiatan workshop berharap kegiatan tersebut lancar dan bisa diterapkan di Rumah Sakit dalam menangani masyarakat Kabupaten Polewali Mandar.

“Saya atas nama Bupati Polewali Mandar dengan ini membuka acara Workshop Penanganan Hemoroid dengan PILA dengan mengucapkan Bismillah,” ucap Andi Ibrahim Masdar (AIM) sambil mengetuk Mikrofon.

Selain itu, AIM juga menyebutkan, kedepannya, RSUD Polman akan dibuatkan Perbup terkait perubahan nama menjadi Rumah Sakit Hj. Andi Depu. Untuk Rumah Sakit Wonomulyo, tetap dengan nama Rumah Sakit Pratama Wonomulyo.[*]