Sambut Bulan Ramadhan Dengan Persiapan Berikut Ini

Bulan Ramadhan
Masjid Agung Syuhada Polewali Mandar

Alhamdulillah bulan ramadhan yang penuh berkah tak terasa akan tiba.! Muslim di seluruh penjuru dunia sambutlah kedatangan bulan puasa dengan perasaan gembira.

Umat Islam pasti sudah tahu keutamaan bulan suci ramadhan. Salah satunya adalah, amal ibadah pada bulan suci itu niscaya akan dilipatgandakan pahalanya.

Dengan itu, mari kita mengerjakan kebaikan dan ibadah yang semantap-mantapnya. Tapi apakah kita sudah mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadhan.?

Ingin tahu apa yang perlu kita siapkan untuk menyambut bulan yang penuh berkah itu,! ikuti terus ulasannya, Oke.

Hal yang perlu disiapkan sebelum awal puasa ramadhan tiba

Ternyata bukan sekedar mempersiapkan persediaan baju baru, makanan dan fisik. Tapi persiapan jiwa dan batin (kerohanian) sangat perlu dan menjadi inti untuk kita siapkan menyambut bulan puasa.

Apa saja persiapan kerohanian itu,! berikut poin-poinya;

  • Melunasi hutang puasa sebelumnya

Melunasi hutang puasa di bulan ramadhan sebelumnya juga disebut puasa qadha. Artinya puasa yang tidak dikerjakan di bulan suci yang lalu, harus diganti sebelum memasuki bulan suci ramadhan yang akan tiba.

Namun ada pengecualian untuk orang tua renta, yaitu mengganti puasanya dengan menebus Fidyah.

Kategori orang yang sakit, musafir, wanita yang sementara haid dan nifas adalah orang yang diberi kemudahan untuk tidak berpuasa di bulan ramadhan. Tapi dengan catatan tetap harus diganti.

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain”. (QS. Al Baqarah: 185).

  •  Permantap niat

berniat yang ikhlas dan tulus untuk mendekatkan diri dan mencari ridho Allah semata di bulan suci ramadhan. fokus mengerjakan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT, bukan niat yang lainnya.

  • Mohon ampun kepada Allah

Memohon ampun (bertaubat) perlu dilakukan sebelum masuk di bulan suci ramadhan. Sebab dengan memohon ampunan atas dosa yang telah diperbuat, dapat menenangkan jiwa. Sehingga ibadah yang kita kerjakan di bulan puasa nantinya akan lebih terasa nyaman dan tenang.

  • Tingkatkan amalan dan doa

Kewajiban melakukan amalan baik dan berdoa kepada Allah, perlu juga kita tingkatkan untuk menyambut bulan ramadhan. Mulai dari kebaikan yang kecil hingga yang besar. Amalan itu bisa kita kerjakan secara mudah dengan memberi makanan, sedekah uang, dan memberikan sumbangan.

  • Perbanyak ibadah sunnah

Membiasakan diri untuk mengerjakan sholat dan puasa sunnah dapat menjadi bekal dan kemudahan untuk menjalankan ibadah di bulan puasa. Hal itu bisa kita kerjakan dengan berpuasa senin kamis.

“segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa”. (HR. Tirmidzi)

  • Rutin membaca Al Quran

Banyak membaca Al Quran dapat menambah amal dan ketenangan jiwa dan pikiran. Olehnya, kita bisa menyambut bulan suci ramadhan dengan jiwa dan pikiran yang lebih tentram dan bersih.

  • Memperkuat wawasan agama

Menambah wawasan keAgamaan perlu untuk kita siapkan menyambut bulan puasa. Sebab dengan belajar ilmu agama dapat membuat kita paham pentingnya mengerjakan ibadah.

Dengan itu akan menambah semangat dan memotivasi kita agar senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT, sesuai dengan petunjuk-Nya.

Itulah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam menyambut bulan ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan memberikan motivasi agar kita semua bergembira menyambut bulan suci ramadhan. Terimakasih dan sampai berjumpa kembali pada artikel menarik selanjutnya. Kurrusumanga’! (pattae.com)


Penulis: Iwank*
*Sumber: kitabisa.com

Libur Tahun Baru 2019, Pengunjung Wisata Salu Paja’an Membludak