Sambut Hari Penyu Sedunia, Dispopar Polman AJak Warga Jaga dan Lestarikan Habitat Penyu

Festival Penyu
Festival Penyu di Rumah Penyu Mampie, Wonomulyo Polewali Mandar

Kegiatan Festival Penyu Mampie 2021, panitia pelaksana mengajak warga sekitar dan berbagai komunitas untuk sadar dan melestarikan penyu yang kini terancam punah.

Menyambut Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada 16 Juni. Pengelola Rumah Penyu menggelar Festival Penyu yang berlangsung dua hari, mulai 14 hingga 15 Juni 2021di Mampie, Wonomulyo, Polewali Mandar.

Nampak hadir Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polewali Mandar Andi Sukma. Saar menghadiri kegiatan tersebut Sukma menyampaikan, Festival Penyu diselenggarakan guna memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya konservasi penyu.

Selain itu, ia juga mengungkapkan potensi Rumah Penyu untuk dipromosikan agar dapat dikunjungi para wisatawan. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Warga terlihat melepas Tukik Penyu di Pantai Mamie Polewali Mandar

Senada dengan Sekretaris Dispopar Polman, Ketua Sahabat Penyu Muhammad Yusri mengungkapkan, tujuan utama festival penyu dilaksanakan tak lain, untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga dan melestarikan penyu.

“Selain itu sengaja kami kemas dalam bentuk event agar ekonomi masyarakat sekitar kembali pulih. Dengan adanya peningkatan transaksi pembeli selama kegiatan berlangsung,” Ucap Yusri

“Harapan kami ke depan dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin sadar tentang penting menjaga dan melestarikan penyu,” Tambahnya.

Selain berbagai komunitas baik yang ada di Polman maupun luar Sulawesi Barat, hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Barat. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polman, dan instansi terkait.