Sampah di TPA Desa Paku Di Soroti Warga, ada Apa?

Baliho bertuliskan penolakan sampah terpampang di pinggir jalan menuju TPA Binuang
Baliho bertuliskan penolakan sampah terpampang di pinggir jalan menuju TPA Binuang

POLEWALI – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Dusun Passubbe, Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar menuai sorotan warga.

Serotan tersebut ditandai dengan pemasangan baliho penolakan sampah di gerbang masuk TPA. Belum diketahui oknum yang melakukan pemasangan baliho tersebut. Namun, dari informasi yang kami himpun baliho penolakan tersebut sudah dua hari terpasang.

Udin salah seorang warga setempat mengaku, sampah di TPA tersebut memang sangat mengganggu kenyamanan warga.

“Betul pokoknya baunya sudah menyengat sekali sampai kepemukiman warga, bahkan setiap hari tercium kerena sudah menggunung, kami takutkan akan menimbulkan banyak penyakit,”ungkapnya Jumat, (5/6/2020).

Tidak hanya itu lanjut Udin, sampah-sampah yang diangkut oleh petugas kebersihan untuk dibuang langsung ke TPA juga kadang bersarakan dijalan.

“Sampah-sampahnya terhambur disepanjang jalan dan tidak diambil lagi.” katanya.

Sampah berserakan di jalan masuk TPA
Sampah berserakan di jalan masuk TPA. Foto: Hamdan

Ia berharap Dinas terkait dapat segera menangani persoalan tersebut.”. Seharusnya Dinas terkait harus bertanggung jawab atas persoalan ini.” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polman Nursam saat di Konfirmasi melalui Via Whatsapp mengaku tidak mengetahui hal itu.

“Yang saya tahu sampai sekarang aktivitas semua berjalan normal seperti biasa.” singkatnya.

Reporter: (hmd)*