Sampah Pasar Wonomulyo Telah Diangkat, Kemana Sampah itu Dibuang?

Sampah Pasar Wonomulyo
Pengangkutan Sampah Pasar Wonomulyo, Senin (16/5). Foto: Arif Budianto/Radar Sulbar.

Pemerintah Kecamatan Wonomulyo dan Dinas LHK Kabupaten Polewali Mandar (Polman), kini telah mengangkat tumpukan sampah di wilayah Pasar Wonomulyo, Senin (16/5/2022). Lalu, kemanakah sampa itu diangkut?

Camat Wonomulyo Sulaiman Mekka, menjelaskan, sampah yang telah beberapa bulan menggunung tersebut, diangkut ke pembuangan sampah sementara yang berlokasi di Desa Bumiayu di tanah milik warga.

Tempat pembuangan sampah khususnya di Wnonomulyo itu merupakan bekas timbunan. Sekarang ini, kata Sulaiman, lokasi tersebut sudah rata dan tidak menimbulkan bau. Malah, pemilik lahan meminta agar sampah dibawa lagi ke tempat itu.

Terkait aksi pencegahan kembalinya tumpukan sampah di Pasar Wonomulyo, Pemerintah Kecamatan mengajak para pedagang untuk bersama-sama menjaga agar tidak lagi membuang sampah dipelataran pasar.

“Kalau ada yang didapati pertama kita beri teguran. Kalau masih didapat lagi akan ditindaki secara tegas bersama dengan Polsek Wonomulyo dan Babinsa,” jelas Sulaiman, Camat Wonomulyo. Senin (16/5).

Lanjut Sulaiman menyampaikan, sejak dua pekan terakhir pihaknya telah mensosialisasikan kepada para pedagang pasar subuh. Pihaknya meminta para pedagang  memasukkan sampahnya yang telah dipilah, untuk dimasukkan kedalam karung.

Agar, sampah-sampah tersebut tidak berserakan dan bisa langsung diangkut petugas kebersihan.

“Ketika terjadi tumpukan sampah di area pasar ini banyak oknum masyarakat ya g datang membuang sampahnya disitu padahal mereka tidak pernah tahu bahwa sampah yang dikelola ini hanya sampah pasar bukan sampah umum,” jelasnya.

Terkait penanganan sampah di Wonomulyo, Sulaiman, mengatakan,  petugas Kebersihan Kecamatan Wonomulyo, kini rutin berkeliling mengambil sampah yang ada di jalan untuk menghindari adanya tumpukan sampah.

Dirinya berharap kepada masyarakat, untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Karena petugas akan mengambil untuk kemudian di hancurkan di cerobong penghancur sampah.

Sumber Berita: Arif Budianto/Radar Sulbar*