Satlantas Polres Polman Beri Kemudahan Membayar Pajak dengan SAMPAN

Samsat masuk pedalaman
Warga Pulau Battoa sedang memperpanjang pajak kendaraannya

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Polman melakukan kegiatan Samsat Masuk Pedalaman (Sampan) dengan menyusuri daerah pesisir dan pedalaman. Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

Program Sampan murupakan inisiatif dari Satlantas Polres Polman berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Jasa Raharja dan UPTD Samsat Polman. Untuk menjemput bola dengan memberikan fasilitas ke masyarakat pedalaman untuk membayar pajak.

“Kami datang kesini untuk memberikan pelayanan kepada pemilik kendaraan yang ingin memperpanjang pajak tahunan,” ucap AKP Adriyan, Kamis 3/6/2021.

AKP Adriyan menyampaikan kegiatan Sampan (samsat masuk pedalaman) adalah kegiatan pertama kali dilakukan Satlantas Polres Polman di Sulawesi Barat. Ia berharap kedepannya bisa menjadi contoh pelayanan prima ke masyarakat dalam Transformasi menuju Polri yang Presisi Prediktif , Responsibilitas , Transparansi Berkeadilan.

Alasan memilih Dusun Pulau Battoa Desa Tonyaman karena dianggap akses jalan masyarakat agak sulit. Pasalnya masyarakat harus melintas menggunakan perahu sekitar 30 menit dari Dusun Pulau Battoa sampai ke Desa Tonyaman.

Hal tersebut disampaikan Kanit Regident Samsat Polman Iptu Supriadi, kegiatan inovasi Sampan (samsat masuk pedalaman) menurutnya, dapat meringankan masyarakat

Sementara itu, Kasi Penagihan dan Pembayaran UPTD Samsat Polman Ardawati mengaku dengan munculnya program Sampan (Samsat Masuk Pedalaman) Tingkat tunggakan pajak tahun ini lumayan menurun dibandingkan dengan tahun kemarin.

Ditempat yang sama, salah satu warga Dusun Pulau Battoa Desa Tonyaman yang ikut serta membayar pajak motor Bakri merasa sangat terbantu pasalnya ia tidak susah-susah lagi ke kantor Samsat UPTD Polman harus menyeberang pulau.

Lanjut ia menerangkan bahwa selama di pulau Battoa baru pertama kali didatangi pelayanan masyarakat Satlantas Polres Polman bersama instansi terkait untuk mengajak warga memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan.

Begitu juga dengan Sitti Alan menjelaskan kendala selama ini menunggak pajak kendaraan dengan masyarakat di pulau Battoa lainnya adalah jalur transportasi laut, karena warga harus menyeberang lewat jalur laut dengan waktu 30 menit menggunakan perahu nelayan ( Katinting-red) sebagai armada penyeberangan warga ke kota.

Selain memberikan pelayanan ke masyarakat, Satlantas Polres Polman juga mengajarkan dan mengenalkan rambu-rambu lalu lintas ke anak Dusun Pulau Battoa Desa Tonyaman Kecamatan Binuang.