Sandiaga Uno Setelah Jabat Menparekraf: ini Tanggung Jawab Besar

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno saat terimah jabatan sebagai Menparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno diangkat Presiden Joko Widodo, menjadi Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada reshuffle kabinet Indonesia Maju, mengganti Menteri sebelumnya Wishnutama Kusubandio.

Mantan calon wakil presiden itu, resmi menjabat Menparekraf setelah dilakukan serah terima jabatan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Rabu (23/12/2020) pagi.

Melalui siaran pers Kemenparekraf. Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, jabatan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Merupakan sebuah amanah sekaligus tanggung jawab besar, untuk berkarya dan memberi kontribusi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia mengatakan, akan melanjutkan perjuangan menteri sebelumnya terutama dalam merespon dampak pandemi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti program CHSE dan yang terbaru program “Buy Now Travel Later”.

“Saya menyadari pandemi COVID-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar. Namun kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini,” tutur Sandiaga

Sebab, menurut Sandiaga, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa dan pembuka lapangan kerja paling cepat, dan besar.

“Amat penting dalam upaya pemulihan ekonomi kita,” lanjutya.

Tugas Sandiaga Uno dari Presiden Jokowi

Sandiaga Uno, juga secara khusus menyampaikan pesan Presiden Jokowi. Untuk dapat bergerak cepat dalam mempersiapkan destinasi super prioritas dari seluruh aspek agar bisa terskema dengan baik. Mulai dari infrastruktur, seni budaya, dan Sumber Daya Manusia.

“Kita tidak punya banyak waktu, kita harus dapat melakukan tiga hal yakni. Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, kita lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujar Sandiaga.

Kemudian menyiapkan kalender kegiatan (calendar of event) pada setiap destinasi terutama destinasi lima super prioritas agar sektor pariwisata bukan hanya bertahan dan pulih.

“Calender of event dari yang berskala kecil mingguan, juga bulanan dalam skala regional dan yang world class. Jadi itu semua perlu kolaborasi,” kata Sandiaga.

Terakhir ia menyampaikan penghargaan tertinggi kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2020. Sandiaga berharap Wishnutama dapat terus berkarya memberikan sumbangsih yang terbaik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.