Santri MA Maarif NU Juara I Kompetesi Sains & Lolos ke KSM Tingkat Provinsi

MA Maarif NU Kanang
Peserta KSM dari MA Maarif NU Kanang

Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Umma (NU) Kanang juara I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten di Polewali Mandar. Hal itu sesuai hasil pengumuman melalui laman resmi ksm.kemenag.go.id pada, Kamis (18/8).

Santri atas nama Syahra Ramadhani Hamar, dengan Nomor Peserta 087602129695 dari Madrasah Aliyah/MA Maarif Ponpes NU Kanang. Berhasil menjuarai kompetisi MA/SMA dalam bidang Fisika Terintegrasi pada, KSM tingkat kabupaten tahun ini (2022).

Dari hasil tersebut, Syahra Ramadhani, bersama juara lainnya. Berhak mengikuti KSM tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada, 10 – 11 September 2022 mendatang.

MA Maarif Ponpes NU Kanang, pada KSM tingkat Kabupaten, mengutus 5 siswanya. Meski terbilang Madrasah yang baru berdiri tahun ini (2022). Namun mampu meloloskan satu siswa/santrinya pada Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi.

Hal itu tentu menjadi sesuatu yang di luar dugaan. Sebagai Madrasah baru namun bisa meloloskan santrinya menjadi juara satu Kompetisi sains.

“Sebagai Madrasah yang baru terbuka menerima santri dan santriwati (2022) dan pertama kali jaga mengikuti kegiatan KSM, Tentunya pada awalnya tak ada target yang begitu besar yang di titipkan kepada anak santri yang mengikuti KSM, selain dari pada bagaimana anak-anak bisa mencari Pengalaman,” tutur Suardi Ka MA Maarif NU Kanang, (19/8).

“Tetapi, pada hakikatnya anak-anaknya tetap di bimbing dengan baik dari seluruh pembimbing guru bidang studi selayaknya orang yang mengikuti kompetisi. Sehingga hasilnya sangat memuaskan juga,” tambahnya.

Berikut 5 siswa/santri MA NU Kanang yang mengikuti KSM tingkat Kabupaten beserta hasil yang di peroleh:

  1. Syahra Ramadhani Hamar (Skor KSM: 32 peringkat 1 Fisika dari 23 peserta)
  2. Saefuddin (Skor KSM: 14 peringkat 7 Kimia dari 20 peserta)
  3. Muhammad Afdal (Skor KSM: 17 peringkat 12 Fisika dari 23 peserta)
  4. Ros Epita Sarif (Skor KSM: 5 peringkat 18 Matematika dari 40 peserta)
  5. Fahri Irawan (Skor KSM: 9 peringkat 22 Biologi dari 27 peserta)

“Ya, tentunya kita berharap mudah-mudahan hasil yang positif di tingkat kabupaten bisa berulang kembali di tingkat provinsi. Hasil ini juga menjadi spirit untuk pesantren yang muda ini. Untuk lebih mempermantap konsep kedepan untuk melahirkan SDM yang lebih berkualitas dan berdaya saing. Serta lebih siap dalam menghadapi perubahan global kedepan,” ungkap Suardi.

Selain MA Maarif, terdapat juga 4 Siswa/Santri Madrasah Tsanawiyah (MTs) dari Ponpes NU Kanang yang mengikuti KSM tingkat Kabupaten. Berikut daftar peserta serta hasil skor dan peringkatnya pada KSM tingkat Kabupaten 2022.[*]