Sarambu Salu Buttu, Wisata Air Terjun yang Harus di List Kunjungan Anda

Foto Wisata Air terjun Salu Buttu di Desa Kaleok, Binuang, Polewali Mandar
Foto Wisata Air terjun Salu Buttu di Desa Kaleok, Binuang, Polewali Mandar

Polewali Mandar menjadi salah-satu daerah dengan objek destinasi wisata yang cukup banyak. Tak heran jika Polewali Mandar menjadi salah-satu tujuan dari rencana bepergian di akhir pekan.

Namun kali ini kita akan mengulas salah-satu destinasi wisata yang berada di desa Kaleok.

Desa Kaleok sendiri merupakan pemukiman dataran tinggi yang dihuni oleh mayoritas masyarakat Pattae. Jarak tempuh dari jalur provinsi menuju desa Kaleok kurang lebih 10 km perjalanan darat. Desa Kaleok berada di ujung timur Kabupaten Polewali Mandar, tepatnya di kecamatan Binuang, kab. Polewali Mandar, provinsi Sulawesi Barat.

Akses menuju desa Kaleok terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Setidaknya, jalan beton yang terus mengalami perbaikan sudah mampu mempersingkat perjalanan.

Selain perkebunan kopi, Batu Sumandilo, Kaleok juga terkenal sebagai daerah yang memiliki wisata air terjun yang cukup banyak, seperti Sarambu Tai Bai, Salu Buttu, Kadinginan, dll.

Salah-satunya Sarambu Salu Buttu. Sarambu dalam bahasa Indonesia bisa dimaknai Air Terjun. Sarambu Salu Buttu berada di Dusun Marende, Desa Kaleok.

Air terjun Salu Buttu salah-satu dari sekian banyak air terjun di desa Kaleok yang harus kalian kunjungi, bagaimana tidak, air terjun yang masih terjaga keindahannya akan memanjakan mata, tentu dengan tetap menjadi pengunjung yang baik, dengan menjaga suguhan semesta tersebut.

Aliran Sungai air terjun Salu Buttu, satu jalur dengan Sarambu Tai Bai (Baca : Berekspedisi ke Wisata Alam Sarambu Tai Bai Marende Desa Kaleok).

Ketinggian air terjun Salu Buttu kurang lebih 25 m. dengan jumlah debit air yang terkadang berubah-ubah setiap musimnya. Pepohonan hutan yang berada di sekitaran sarambu masih tegak berdiri dengan dedaunan yang lebat, udara yang begitu sejuk, serta bebatuan sungai yang berlumut menjadi sajian tersendiri jika berkunjung ke Sarambu Salu Buttu.

Wisata air terjun Salu Buttu
Wisata air terjun Salu Buttu

Di tengah-tengah sungai terdapat batu datar yang berbentuk persegi, cocok untuk mendirikan Bivak atau tenda jika berniat bermalam di sana, tetapi sangat tidak disarankan jika berkunjung di musim hujan. (lihat vidio keseruan kru Pattae.com saat berkunjung ke Sarambu Salu Buttu)

Akses menuju air terjun Salu Buttu hanya bisa menggunakan roda dua, jarak tempuh sekitar 1 km. dari jalan poros desa. Jalanan yang merupakan jalur tani tersebut terbilang cukup ekstrim, dengan setapak berbeton yang beruas kurang lebih dua jengkal orang dewasa. Jalanan yang berkelok dan mendaki, membutuhkan keahlian khusus mengendarai roda dua.

Tak hanya itu, untuk sampai ke Sarambu atau lokasi air terjun, pengunjung akan berjalan kaki sekitar 400 m. Melalui jalan setapak perkebunan kakao milik warga. (pattae.com)


Penulis: Abd Rahman/Ame‘*

Prestasi Gemilang Lawyer Scout MTs DDI Basseang pada Lomba Pramuka Bergengsi Polman