SDN 57 Pappandangan Tertimbun Material Bawaan Banjir, Siswa Diliburkan

SDN 57 Pappandangan
Kondisi SDN 57 Pappandangan pasca di landa banjir bandang

Sejumlah ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 57 Pappandangan Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar tertimbun material bawaan banjir, siswa pun diliburkan.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Polman sejak sepekan terakhir mengakibatkan air sungai di Desa Pappandangan meluap dan merendam pemukiman warga termasuk sekolah.

Tak hanya terendam air, material batu dan tanah juga menimbun sejumlah ruang kelas SDN 57 Pappandangan setinggi dua meter.

Batu dan tanah juga berserakan di halaman sekolah. Akibatnya sekolah tersebut tidak memungkinkan untuk melaksanakan proses belajar mengajar.

Dari pantauan, para guru SDN 57 Pappandangan sedang mencari peralatan sekolah yang masih bisa di selamatkan seperti meja dan kursi.

Kepala Sekolah SDN 57 Pappandangan, Bernadus, menjelaskan, hujan deras terjadi Selasa (16/5) pukul 15.00 Wita kemarin. Hal itu pun mengakibatkan arus air mengalir dari hulu sungai menerjang sekolah dan pemukiman warga.

“Yang mengakibatkan banjir ini karena posisi sungai lebih di atas dari pada halaman sekolah, sehingga pada saat air meluap langsung masuk ke ruangan, bahkan tembus ke halaman sekolah dan ruangan kelas lainnya,” kata Bernadus saat ditemui di Sekolah, Jumat (19/5/2023).

Menurutnya kondisi sekolahnya saat ini sudah tidak layak lagi digunakan lantaran beberapa ruang kelas tertimbun material. Bahkan sejumlah ruang kelas juga masih terendam air.

“Ruangan yang ada di sekolah ini ada enam ruang kelas satu ruangan Perpustakaan. Yang tertimbun materia batu dan pasir ada dua ruangan, sementara ruang kelas yang terendam banjir ada tiga ruang,” jelasnya.

Sejak Selasa (16/5) kemarin, pihak sekolah telah meliburkan siswanya. Mengingat, kondisi sekolah masih terendam banjir.

“Sementara anak-anak kita liburkan sejak selasa sampai hari ini anak-anak belum sekolah, kami akan segera melakukan rapat dengan warga dan komite seperti apa selanjutnya proses belajar mengajar dilakukan apakah belajar di sekolah atau di rumah warga,” jelasnya.

Jumlah siswa yang ada di SDN 57 Pappandangan tercatat sebanyak 52 orang.[*]