Sejumlah Pekerja Migran Asal Polman di Malaysia Dideportasi

Pekerja Migran asal Polman di jemput di pelabuhan parepare
Pekerja Migran asal Polman di jemput di pelabuhan parepare

PaTTaE.com — Polman | Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar kembali, menyambut pemulangan puluhan pekerja migran indonesia bermasalah (PMI-B) di pelabuhan Parepare Sulawesi Selatan. Kepulangan para PMI ini difasilitasi oleh Komjen RI di Tawau Malaysia.

Kepulangan Pekerja migran bermasalah dari pelabuhan parepare ke Polewali Mandar. Meraka dijemput Rombongan Setda Andi Bebas Manggazali dan Tim medis Dinkes, serta instansi terkait.

Sebanyak 25 PMI asal Polewali Mandar dari kategori terdampar sebanyak 23 orang. Laki-laki 7 orang (terdapat anak-anak 2 orang) dan Perempuan 16 orang. Warga kategori Migran Bermasalah, sebanyak 2 orang masing-masing laki-laki 1 orang dan perempuan 1 orang.

Para pekerja migran dari Malaysia, diketahui berasal dari daerah Kecamatan Tinambung, dan Campalagian.

Sekda Polman, Andi Bebas Manggazali mengatakan, penjemputan tenaga kerja yang dideportasi di antaranya mereka yang berangkat ke Malaysia tidak melalui jalur resmi.

“Warga kita ini menggunakan visa pengunjung yang izin tinggalnya telah habis, makanya mereka ini dipulangkan oleh fasilitasi pihak konsulat RI,” jelasnya

Penjemputan para PMI ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan pemeriksaan awal sebelum bertolak ke Polewali Mandar. Tiba di Polman, Pekerja Migran ini kemudian di karantina di Stadion Sport center Madatte demi mencegah kemungkinan penularan Covid- 19.

setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, mereka dinyatakan negatif Covid 19, Sabtu (27/6) mereka di pulangkan ke rumah masing-masing.[sulfa]*