Setelah Diresmikan, Kantor Layanan PMI Polman Sudah Bisa Berproses

Kantor Layanan PMI
Kantor Layanan PMI Kabupaten Polewali Mandar Segera Diresmikan

Fasilitas Kantor Layanan Terpadu Satu Atap khusus pelayanan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, sudah siap. Peresmian pun akan segera dilakukan.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Kabupaten Polewali Mandar Yusdi mengatakan untuk pelayanan semua sudah disiapkan mulai dari pelayanan Dinas Ketenagakerjaan, Pelayanan RSUD, Pelayanan Dinas Sosial, Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dan Pelayanan BP2MI.

“Ada dari dinas ketenagakerjaan, dari RSUD untuk sarana kesehatannya, Dinas Sosial khusus untuk menangani apabila ada TKI ilegal. Itu peran untuk berkoneksi ke Pemerintah Daerah untuk dipulangkan atau diproses disini. Kalau BPJS Ketenagakerjaan itu khusus perlindungannya, kesehatannya. Sementara BP2MI perannya hampir sama dengan Dinas Sosial,” ungkap Yusdi saat ditemui di Kantor LTSA, Selasa (23/11/2021).

Lanjut, Yusdi menerangkan terdapat juga ruangan khusus Bank SulSelBar, agar memudahkan transaksi atau pembayaran. Trus untuk ruangan pelayanan Imigrasi yang melayani pembuatan paspor, perpanjangan paspor juga telah rampung.  Alatnya pun, kata Yusdi, sudah ada dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Selain itu, ruangan lainya ada pelayanan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Polman guna lebih memudahkan.

Lebih jauh, Yusdi menyampaikan, setelah peresmian dilaksanakan, aktivitas pelayanan sudah mulai berjalan di Kantor layanan PMI tersebut. Semua pengurusan TKI akan diurus di kantor Layanan Terpadu Satu Atap.

“Beberapa negara sudah buka cuma jarang ada peminatnya di Polman, dan jalur ini bukan hanya bisa ke Malaysia tapi semua bisa. Tapi untuk saat ini kita hanya fokus dengan Malaysia dulu. Karena informasi awal kita disana deportasi dari Indonesia nanti kita fresh disini,” ungkapnya.

Pelayanan tak hanya berlaku bagi Warga Polman. Namun juga warga dari luar Polman atau bahkan Se Indonesia dapat dilayani. Sehingga, dengan adanya Kantor LTSA tersebut diharapkan mampu menambah PAD Kabupaten Polman kedepannya.[*]

Tentang Rasa
Previous
Tentang Rasa