Setelah Ketemu Kades Tammajarra, Bupati Polman Panggil Aparat Desa-nya

Aparat Desa
Perangkat Desa Tammajarra, penuhi panggilan Bupati Polman

Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar (AIM), akhirnya memanggil aparat Desa Tammajarra terkait polemik yang melibatkan mereka dengan Kades Tammajarra. Pertemuan tersebut berlangsung di Taman Harmoni, Kantor Bupati Polman pada, Rabu (3/8/2022).

Irfan salah satu, perangkat Desa Tammajarra yang memenuhi panggilan itu, mengaku menerima banyak nasehat dari Bupati Polman, dalam menjalankan tugas sesuai tupoksi aparat Desa.

Selain itu, kata dia, Bupati juga meminta dokumen daftar penerima BLT di Desa Tammajarra.

Sebelumnya, Bupati Polman juga telah memanggil dan bertemu Sarkiah selaku Kades Tammajarra. Dari pertemuan itu, alasan Kades memecat aparat Desanya, kata AIM, hanya persoalan komunikasi.

“Kemarin Bu Desa sudah bertemu saya dan saya sampaikan ke Aparatnya bahwa Bu Desa merasa tidak pernah diajak berbicara oleh aparatnya,” ungkap Bupati Polman usai bertemu aparat Desa Tammajarra. Pada Rabu (3/8) kemarin.

Namun, pernyataan Kades Tammajarra, kata Bupati Polman, tidak dibenarkan oleh perangkat Desa Tammajarra.

“Klarifikasi aparatnya, itu tidak benar. Karena dan menurut aparat Desa Tammajarra, bu Desanya ini baru tujuh kali masuk kantor,” tambahnya.

Perseteruan Aparat Desa dan Kades Tammajarra yang tak kunjung menuai titik terang. Bupati Polman mengaku hanya sebagai mediator. Ia berharap, Kepala Desa terpilih Sarkiah dengan aparatnya bisa berdamai dan bekerjasama dalam melayani masyarakat Desa Tammajarra.

“Saya hanya memediasi bagaimana Ibu Sarkiah aktif kembali dan tidak melakukan pergantian aparat nya. Karena aturannya sangat jelas dan diperkuat lagi dengan Permendagri baru yang tidak membolehkan pergantian aparat. Kecuali, permintaan sendiri, meninggal atau melakukan sesuatu yang melanggar hukum,” Terang

Setelah melakukan pertemuan dengan kedua belah pihak. AIM mengaku akan mengaktifkan kembali Sarkiah, selaku Kades Tammajarra dengan syarat tidak ada pergantian aparat desa Tammajarra.

Bila Kade Tammajarra tetap melakukan pergantian Perangkat Desa, sebagai Bupati Polman, AIM menegaskan akan mengeluarkan surat pemberhentian secara tetap, kepada Sarkiah sebagai Kades Tammajarra.[*]