Shalat Idul Fitri 1443 H / 2022 Dipusatkan di Lapangan Pancasila Polman

Shalat Idul Fitri 1443 H
Lapangan Pancasila Polman

Sesuai hasil keputusan rapat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bersama Pemerintah Kabupaten Polman beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah tahun ini (2022) rencananya digelar di Lapangan Pancasila Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali.

Hal tersebut dikemukakan Sekretaris PHBI Haris Nawawi, saat ditemui di ruang kerjanya selaku Kasi Binmas Islam Kemenag Polman pada Kamis (28/4).

Haris menyebutkan, pelaksanaan Shalat Ied untuk wilayah Kabupaten Polman rencananya dipusatkan di lapangan Pancasila Pekkabata sesuai hasil kesepakatan Panitia.

Namun, jika terjadi hal-hal diluar perencanaan, seperti terjadi hujan atau genangan air di lapangan, kata Haris, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H akan dipindahkan di Masjid Agung Syuhada Polman yang jaraknya tidak jauh dari Lapangan Pancasila.

Insya Allah dipusatkan di lapangan Pancasila tapi kalai keadaan musim hujan atau becek itu. Akan dialihkan ke dalam Masjid Syuhada dan pelaksanaan nya menunggu informasi resmi dari Kementerian Agama,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga menghimbau ke Masyarakat  Polman untuk pelaksanaan takbir keliling menggunakan roda 4 dan roda 2 di Malam Takbiran. Belum boleh dilaksanakan tahun ini, sesuai petunjuk dan edaran Menteri Agama RI.

“Jadi, masyarakat diimbau sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 8 bahwa masyarakat diimbau untuk takbiran di Masjid dan rumah masing-masing. Kemudian takbiran keliling yang menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2 itu ditiadakan, sesuai hasil rapat PBHI,” tegasnya.

Haris, juga mengimbau pada warga Polman yang ingin melaksanakan shalat Ied di Lapangan Pancasila diharuskan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan edaran Kementerian Agama RI.[*]