Siaga Mudik, Tim PSC 119 Masiga, Simulasi Penanganan Korban Lakalantas

119 Masiga
Simulasi Penanganan cepat Tim Public Safety Centre (PSC) 119 Masiga Polman

Memperkirakan akan terjadi ledakan arus mudik selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443, Tim Public Safety Centre (PSC) 119 Masiga Polman bersama Relawan Sosial dan Escort Ambulance lakukan Simulasi siaga mudik penanganan Korban Laka Lantas.

Ketua Umum Public Safety Centre (PSC) 119 Masiga Kabupaten Polman, dr Andi Emy Purnama, mengatakan, simulasi hari ini merupakan persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2022.

“Karena kita baru beroperasi di April bulan ini, dan langsung dihadapkan dengan suasana mudik, jadi kita lakukan simulasi siaga mudik. Bagaimana PSC 119 Kabupaten Polman menangani kasus-kasus kecelakaan yang mungkin terjadi pada saat mudik nantinya,” ujar dr Emy di depan Kantor PSC 119, Rabu (27/4/2022).

Dokter Emy, yang juga selaku Kepala Bidang Pelayanan Dinkes Polman menekankan, ada peran aktif masyarakat. Untuk menghubungi call center jika dihadapkan kejadian gawat darurat. Agar, petugas segera menindaklanjuti panggilan tersebut, dengan mengirimkan ambulans dan tenaga kesehatan menuju lokasi kejadian.

“PSC 119 ini sebenarnya melayani pelayanan kesehatan dalam bentuk gawat darurat. Jadi, bukan hanya kecelakaan tapi untuk kasus-kasus seperti bencana, kebakaran. Itu juga bisa kita kerja sama dengan instansi terkait. Jika terjadi kecelakaan atau peristiwa apa itu, bisa langsung menghubungi call senter yang telah kami share,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya PSC 119 dapat membantu pasien. Khususnya pasien yang diakibatkan kecelakaan lalu lintas dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Selain itu, membantu masyarakat dengan Optimal, dan membangun konsolidasi yang baik ke masyarakat Polman.

Salah satu tenaga Kesehatan PSC 119 Masiga Polman Abdul Gafur, mengaku siap 24 jam standby di Kantor PSC 119 Polman.[*]