SMAN 2 Campalagian Kembangkan Program Wirausaha kepada Para Siswa

Program Wirausaha
Prof Gufran Darma Dirawan Kadisdikbud Sulawesi Barat saat membuka acara Sosialisasi Program Kewirausahaan "Pembuatan kripik pisang dan ubi jalar" SMAN 2 Campalagian

Keluar sebagai pemenang Kompetensi Nasional, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar terpilih sebagai sekolah di Provinsi Sulawesi Barat dalam mengembangkan Program Wirausaha dengan  bantuan Pemerintah Pusat tahun 2021.

“Mereka berkompetensi secara nasional dan proposal mereka (SMAN 2 Campalagian) yang diterima. Sehingga sekolah ini yang ditunjuk untuk melaksanakan program ini,” ungkap Prof Gufran Darma Dirawan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (18/9/2021)

Setelah membuka acara Sosialisasi Program Kewirausahaan “Pembuatan kripik pisang dan ubi jalar” SMAN 2 Campalagian. Prof Gufran menyebutkan, tujuan adanya program tersebut, tak lain agar siswa mampu mengembangkan-nya dikemudian hari.

Sementara itu, Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Sulbar Muhammad Faezal. Sebagai pemateri di Sosialisasi Program Kewirausahaan, ia menyampaikan program wirausaha di sekolah, sudah harus dimulai dari sekarang.  

Jiwa kewirausahaan, kemampuan berwirausaha, semangat kewirausahaan. Harus ditumbuhkan sejalan dengan proses pengembangan kemampuan kondisi yang ada di satuan pendidikan,” terang Faezal Mantan Kepala SMAN 1 Polewali dan SMAN 2 Polewali.

Selain itu, ia menambahkan bahwa kegiatan Ekstrakulikuler dan Intrakurikuler sama-sama penting. Guna meningkatkan semangat bahu membahu, membangun kemampuan peserta didik untuk menjadi Mandiri dan bisa terjun ke masyarakat.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 2 Campalagian Sabri Maulana mengaku sebagai pemula dan belum mempunyai banyak pengalaman di bidang kewirausahaan.

Namun, Pihaknya akan terus berupaya, dan mengundang Pemateri. Salah satunya, Kabid SMA Provinsi Sulbar Muhammad Faezal dan Direktur Lembaga Kajian Strategis Usaha Kecil Menengah Indonesia (LKS-UKMI) Naharuddin, untuk memberikan pemahaman kepada para siswa, tenaga pendidik (Guru), dan dari beberapa sekolah SMA yang ada di Kabupaten Polman.[*]