Smile Train Indonesia dan RS Bhakti Kasih Bekerjasama Jalankan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Smile Train Indonesia
RS Bhakti Kasih Polewali

Untuk kali ke enam, Smile Train Indonesia bekerjasama dengan Rumah Sakit Bhakti Kasih Polewali selenggarakan Bakti Sosial (Baksos). Dengan menggelar Operasi gratis bagi anak-anak penyandang sumbing bibir dan celah langit-langit di RS Bhakti Kasih Polewali Mandar, Jum’at (19/03/21).

Smile Train juga ikut mengajak dua yayasan seperti Senyum Sejahtera dan Religi untuk ikut berpatisipasi mensukseskan aksi kemanusiaan tersebut.

Ahmad D, selaku pekerja sosial Smile Train Indonesia wilayah Sulawesi Barat menuturkan, sebanyak 40 penyandang Cleft lip and palate atau Labioplatoschizis atau sumbing bibir dan celah langit-langit mulut (palatum) telah mendaftar sebagai peserta Operasi Gratis tersebut.

Peserta yang telah mendaftarkan diri. Sebelum mengikuti Operasi, mereka diharuskan terlebih dahulu mengikuti tes kesehatan sebagai tahap kedua untuk bisa lolos ke tahap operasi.

“Sejauh ini yang terdaftar pasien bibir sumbing dan celah langit-langit ada sebanyak 40 pasien. Belum yang dikatakan lolos dalam tahap cek kesehatan,” ujar Ahmad D.

Salah satu warga yang ikut Operasi Bibir Sumbing secara gratis di RS Bhakti Kasih Polewali, Jumat (19/3).

Selain pendaftar dari Kabupaten Polewali Mandar, program dari Smile Train Indoensia tersebut juga memiliki peserta dari luar daerah seperti Kabupaten Barru, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan dan Pasang Kayu Sulawesi Barat.

Ahmad berharap, dengan adanya kegiatan operasi gratis bagi anak-anak penyandang Labioplatoschizis  dan Palatum tersebut. Mereka yang telah di operasi kembali memiliki harapan dan senyum baru yang lebih baik, serta masa depan yang lebih cerah.

“Motivasi kegiatan ini dilaksanakan untuk kedepan anak-anak Indonesia bisa mempunyai harapan baru, masa depan yang lebih cerah. Sehingga bisa mendapatkan senyum baru yang lebih baik untuk masa depannya,” ucap Ahmad D.

Sementara itu, Mahidin Kepala Dusun Banu-banua Desa Lembang-lembang yang turut mendampingi warganya mengatakan, kegiatan Smile Train ini sangat luar biasa karena bisa membantu masyarakat yang memiliki anak cacat bibir sumbing untuk mengikuti operasi secara gratis.