SMK YPPP Wonomulyo Mepelpas 286 Lulusannya Dari Berbagai Jurusan

SMK YPPP Wonomulyo
SMK YPPP Wonomulyo Gelar Pelepasan Siswa lulusn TA 2021/2022.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPPP Wonomulyo menggelar pelepasan lulusan angkatan 22 tahun Ajaran 2021/2022, di pelataran sekolah Senin (6/6).

Kepala sekolah SMK YPPP Wonomulyo Muhammad Thalib menyebutkan, sebanyak 286 siswa yang mengikuti pelepasan terdiri dari 5 jurusan di SMK YPPP Wonomulyo. Sperti, Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Akuntansi, Keperawatan, dan Agribisnis Tanaman dan Perkebunan.

Ratusan siswa itu, menurut Thalib, telah dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian kompetensi sesuai bidangnya masing-masing. Siswa yang telah lulus tersebut, dengan predikat berkompeten.

Asisten III Administrasi Umum Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Jamil Barambangi, yang hadir di kegiatan tersebut, berharap lulusan SMK YPPP Wonomulyo mampu menciptakan lapangan pekerjaan.    

Kegiatan pelepasan yang dilaksanakan secara rutin akhir tahun ajaran masing-masing sekolah tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata dengan melepas siswa kemasyarakat. Namun, ungkap Jamil, juga dapat mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Sekolah melepas siswa-siswanya dengan keterampilan menjadi anggota masyarakat pada umumnya yang bukan hanya bisa mendapatkan pekerjaan. Tetapi mereka mampu menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Lanjut Jamil, menuturkan. Kompetensi alumni SMK tidak diragukan lagi. Sebab, para siswanya telah terampil, kreatif dan potensial. Sehingga, Pemerintah saat ini selalu memediasi dan memfasilitasi mereka dalam proses pengembangan keterampilan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Selain itu, mantan Kepala Disdikbud Provinsi Sulbar itu menuturkan, SMK YPPP Wonomulyo saat ini, masuk sebagai SMK unggulan, dan akan terus didorong ke depan-nya.

Untuk itu ia berpesan kepada pengelolah SMK untuk mempersiapkan segala persyaratan, persiapan dan instrumen untuk segera di dorong menjadi SMK unggulan.[*]