Sosok Prof Zudan, Pengganti Akmal Sebagai Pj Gubernur Sulbar

PROF ZUDAN
Gambar Prof Zudan. (Sumber Foto: https://dukcapil.kemendagri.go.id/)

Prof Zudan Arif Fakrulloh, mencuat ke publik Sulawesi Barat setelah namanya ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur (Pj) Sulawesi Barat menggantikan Akmal Malik, yang berakhir pada 12 Mei 2023.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) ini. Terpilih sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat, melalui sidang Tim Penilaian Akhir (TPA) pada, Kamis (4/5/2023).

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Barat mengajukan tiga nama calon pengganti Akmal Malik, sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Ketiga nama tersebut yaitu, Jufri Rahman, Staf Ahli Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kemenpan RB. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelaudan dan Perikanan RI, Haeru Rahayu, dan Muhammad Idris, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat.

Tidak ada nama Prof Zudan dalam daftar usulan DPRD Provinsi Sulawesi Barat. Prof Zudan diketahui merupakan pilihan langsung Presiden Joko Widodo.  

Terkait sosok Zudan Arif Fakrulloh ini, bukanlah orang baru bertugas sebagai Pj Gubernur. Pada tahun 2016 silam, Ia pernah menjadi Pj Gubernur Gorontalo.

Mengutip dari laman resmi Pemrpov Gorontalo (gorontalo.go.id). Selama Enam Bulan bertugas sebagai Pj Gubernur Gorontalo. Zudan sukses mengawal pelaksanaan Pilkada serentak Pilgub dan Pilbup berjalan lancar dan aman.

Bahkan, Gorontalo kala itu meraih Bawaslu Awards sebagai daerah terbaik dalam stabilitas keamanan Pilkada serentak tahun 2017.

Prof Zudan saat ini, selain menyiapkan diri bertugas sebagai Pj Gubernur Sulbar 12 Mei pekan depan. Ia juga sementara menjabat sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh

Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Merupakan seorang birokrat yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan dan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pria yang merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara ini lahir di sebuah keluarga sederhana di Sleman pada tanggal 24 Agustus 1969. Menempuh Pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) pada pada tahun 1988–1992. Kemudian lanjut Pendidikan Magister Hukum (S 2) di kampus yang sama pada tahun 1993–1995. Tak berhenti sampai situ, Ia kemudian lanjut Program Magister dan Doktor Hukum di Undip pada tahun 1996–2001.[*]