Sukseskan PKTD di Desa, Kades Bakka-Bakka Ajak Warganya Bersihkan Irigasi

PKTD di Desa
Kepala Desa Bakka-bakka, M Darwis

Pemerintah desa di berbagai daerah, termasuk desa Bakka-bakka di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Menjalankan program Padat Karya Tunai Desa atau PKTD di desa, guna meningkatkan pendapatan bagi warganya yang kehilangan pekerjaan dimasa pandemi.

Dengan adanya program PKTD, Pemerintah desa Bakka-bakka, Polewali Mandar mengajak warganya membersihkan saluran irigasi pertanian untuk mensukseskan program tersebut pada, Kamis 12/11/2020.

Hal pertama yang mereka perbuat untuk menjalankan program PKTD adalah, dengan membersihkan irigasi pertanian. Sedikitnya, terdapat 100 warga dari 4 Dusun di Desa Bakka-bakka ikut dalam gotong royang tersebut.

Warga Desa Bakka-bakka, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman, Gotong royong bersihkan irigasi, Kamis (12/11)

Menurut Tenaga Ahli Infrastruktur Pedesaan Fitriani Rahmat, menerangkan, kegiatan yang dilakukan pemerintah desa Bakka-bakka, telah sesuai amanat Presiden Jokowi. Kemudian, diteruskan Kementerian Desa untuk menggairahkan Ekonomi Desa dan meningkatkan Ketahanan pangan.

Salah satu pendamping desa bagian Teknis, juga menyampaikan hal serupa. Program PKTD yang di laksanakan di desa Bakka-bakka, sudah sesuai dengan surat edaran Nomor 15 Kementerian PDTT tentang pengembangan ekonomi produktif Desa melalui pola Padat Karya Tunai.

“PKTD di Desa Bakka-Bakka pembersihan saluran Irigasi include dengan normalisasi pembersihan saluran, sesuai dengan surat edaran Nomor 15 kementerian PDTT,” ungkap Sri Hidayati selaku pemdamping Desa bagian Teknis. “Wajib dilaksanakan pemerintah Desa dan inilah salah satu pola PKTD yang dilakukan di Desa.” Lanjutnya.

Kepala Desa M Darwis berharap, dengan adanya Program itu, warganya dapat terbantu, dan kedepannya lebih mandiri. Selain itu, ketua Apdesi tersebut, juga berharap, masa pandemi cepat berlalu sehingga perekonomian kerakyatan berjalan lebih baik.

Sebelumnya, program kegiatan Padat Karya Tunai Desa di desa Bakka-bakka kali ini. Merupakan kali ketiga dilakukan. PKTD pertama yang dilakukan yaitu, kegiatan budidaya bawang, di lokasi atau lahan kosong warga. Kedua kegiatan PKTD penggalian saluran Tersier sepanjang 320 Meter, dan ketiga pembersihan irigasi.