Tahapan Pemilu 2024 Resmi Diluncurkan, KPU Polman Buka Pendaftaran

Tahapan Pemilu 2024
Peluncuran pelaksanaan tahapan pemilu 2024 oleh KPU RI secara virtual

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar peluncuran pelaksanaan tahapan pemilu 2024. Melalui siaran langsung chanel YouTube KPU RI. Selasa (14/6/2022) Malam.

Kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 diikuti sejumlah KPU di tingkat daerah termasuk Kabupaten Polewali Mandar.

Pelaksanaan Peluncuran virtual, dihadiri Komisioner KPU Polman, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Polman Hj. Agusniah Hasan Sulur. Para tamu undangan dari unsur Forkopimda, Camat, Pengurus Parpol, OPD terkait, dan Sejumlah Organisasi Pergerakan serta Insan Pers, di Ballroom Hotel Al Ikhlas. Selasa (14/6).

Tampak hadir juga Wakil Ketua I DPRD Polman Amiruddin, dan Anggota DPRD Polman Faridruddin.

Pada kesempatannya, Ketua KPU Kabupaten Polman Rudianto mengklaim, partisipasi pemilih di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) meningkat hingga mencapai 80%. Hal itu kata Rudianto, merupakan partisipasi tertinggi sepanjang sejarah penyelenggaraan pemilu maupun Pilkada di Kabupaten Polman.

“Melalui program pendataan pemilih secara berkelanjutan mulai dari 2020 sampai sekarang 2022. Kita harapkan dan optimis DPT kita cukup valid dan akurat di pemilu tahun 2024 nantinya,” katanya.

Sejauh ini, Rudianto mengungkapkan, jumlah DPT pemilih tahun 2019 sebanyak 303.864 mengalami penambahan sebanyak 10 ribu lebih daftar pemilih berkelanjutan.

“Jumlah DPT pemilih tahun 2019 sebanyak tiga ratus tiga ribu delapan ratus enam puluh empat. Sampai hari ini sudah punya daftar pemilih berkelanjutan itu sebanyak tiga ratus tiga belas ribu sekian. Jadi ada penambahan sekitar sepuluh ribu,” ungkapnya.

Tahapan Pemilu 2024

KPU Polman dan pihak terkait saat mengikuti peluncuran pelaksanaan tahapan Pemilu 2024

Dibukanya secara resmi tahapan awal Pemilu 2024, pihaknya KPU Polman akan membuka tahapan pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2024.

Tahapan selanjutnya yaitu permintaan data pemilih, penetapan daerah pemilihan dan kuota kursi DPRD Kabupaten Polman.

Melihat kehadiran para tamu undangan dari berbagai pihak, Ketua KPU Polman optimis penyelengaraan pemilu tahun 2024 berjalan tanpa riak-riak atau konflik yang dapat memecah masyarakat.

Ditempat yang sama, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Polman Hj. Agusniah Hasan Sulur, mewakili Pemkab Polman menyampaikan terkait persiapan tahapan pemilu semua pihak harus terlibat didalamnya.

Selain itu, mengutip sambutan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Agusnia mengaskan, bila ada Aparatur Sipil Negara Kabupaten Polman terlibat dalam politik praktis, maka akan di tindak sesuai aturan.

Meski demikian, ia berharap para ASN Pemkab Polman tetap netralitas sesuai aturan yang ada pada proses pesta demokrasi 2024 nantinya.[*]