Talkshow “Ngopi Coi” FKPT Sulbar Bahas Pencegahan Paham Terorisme

Talkshow Ngopi Coi
Peserta dan Narasumber Talkshow Ngopi Coi FKPT Sulbar

PaTTaE.com – SULBAR | Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme  disingkat FKPT Sulawesi Barat, gelar Talkshow “Ngopi Coi” dengan mengajak Aparat TNI, Polri, serta media massa yang ada di Sulawesi Barat guna membahas pecegahan terorisme.

Dengan tema “Indonesia Adalah Kita” talkshow Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia atau disingkat “Ngopi Coi” dilaksanakan di Hotel Matos Jl. Yos Sudarso No. 51 Mamuju, Rabu 14/10/2020.

Ketua FKPT Muh. Imran Idris memberikan sambutan mengatakan, kegiatan talkshow tersebut, merupakan program FKPT Sulbar, yang diharapkan memberikan pemahaman kepada masyarakat makna dari terorisme, dan bentuk pencegahan-nya.

“Dalam kegiatan hari ini, kita akan mengkaji peran media dalam memutus perkembangan paham radikalisme. Kita akan mengkaji dampak negative internet. Kita akan mengkaji, membahas, kerawanan dan peluang perkembangan paham radikalisme di tengah masyarakat,” tuturnya

Lebih lanjut Ketua FKPT mengatakan, saat ini kita diperhadapkan dengan 2 virus mematikan, yaitu Covid-19 dan Terorisme itu sendiri. Kedua virus tersebut, Munurut Imran, dapat di putus dengan cara menjaga jarak dan menjalin hubungan antar sesama.   

“Cara menanggulangi Covid-19 adalah dengan tidak bergandengan tangan, namun cara menanggulangi paham radikalisme yang paling efektif adalah dengan bergandengan tangan,” jelas Muh. Imran.

Narsumber Talkshow “Ngopi Coi”

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubdit Bina Masyarakat Direktorat Deradikilasisasi BNPT, Kolonel (Khusus) Solihuddin Nasution, sekaligus membuka talkshow “Ngopi Coi” dan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya ia mengatakan, Agama, Ekonomi, dan Ketidakpuasan terhadap pemerintah. Menjadi alat yang paling ampuh digunakan para doktriner untuk menyebarkan paham radikalisme.

Ia juga mungungkapkan, dari hasil penelitian BNPT, cara ampuh untuk mengatasi penyebaran paham radikalisme/terorisme di tengah masyarakat adalah dengan melalui kearifan local.

Hadir pula Direktur  Vokasi Universitas Indonesia sekaligus Praktisi Komunikasi Devi Rahmawati, Kabid Media Massa, Hukum dan Humas, Muhammad Ilham Idris. Keduanya juga menjadi narasumber pada kegiatan “Ngopi Coi” yang di selenggarakan FKPT Sulbar (14/10).

Kegiatan talkshow “Ngopi Coi” tersebut disiarkan secara On AIr Radio Republik Indonesia (RRI) dipandu langsung Abd Hafid Madjid selaku Announcer pada siaran radio.[*]